Keberhasilan
pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan profesional guru maka diharapkan
guru dapat memilih strategi/metode mengajar yang sesuai dengan kejelasan
tuntutan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa sehingga memungkinkan
guru dapat melakukan penilaian tentang apakah sebuah kompetensi yang diperlukan
bener-bener telah dimiliki siswa atau belum, melalui standar-standar penilaian
kompetensi yang bersifat continuous comprehensive evaluation in the classroom
yang telah ditetapkan.
Ada 3 hal yang saling berkaitan dalam kegiatan penilaian, yaitu :
1. Penilaian
2. Pengukuran
3. Tes
Ketiga itu sering disalah artikan sehingga
tidak jelas makna dan kedudukannya. Penilaian dapat diartikan sebagai suatu
rangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh data
sebagai bahan informasi guna pengambilan keputusan.
Secara prinsip penilaian
dalam PKn tidak berbeda dengan penilaian mata pelajaran lainnya, hanya yang
berbeda tekanannya, di mana penilaian dalam mata pelajaran PKn lebih menekankan
pada aspek afektif. Jarolimek dan W.C. Parker (1993) menyatakan bahwa dalam
kaitannya dengan proese pembelajaran, penilaian yang dilakukan guru bertujuan
untuk :
1.
Membantu mengklarifikasi tujuan pembelajaran (aspek-aspek belajar yang penting)
bagi peserta didik
2. Menginformasikan kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam belajar
2. Menginformasikan kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam belajar
3. Menginformasikan peserta didik bagaimana meningkatkan proses dan hasil belajarnya
4. Bahan informasi esensial kepada orang tua dan masyarakat mengenai efektivitas program sekolah.
Dalam kaitan ini, penilaian formatif sangat ditekankan.
Penilaian formatif dalam pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian esensial dari proses pembelajaran. Dengan
kata lain penilaian formatif mempertemukan antara dimensi tujuan, prosedur, dan
penilaian pembelajaran.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.