Penilaian merupakan bagian yang integral dalam keseluruhan proses belajar mengajar, ia merupakan subsistemnya. Penilaian harus dipandang sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran, bukan hanya sebagai cara untuk menilai keberhasilan belajar siswa.
Secara prinsip tujuan penilaian kelas adalah untuk memberikan :
1. Informasi tentang kemajuan hasil belajar siswa secara individual dalam mencapai tujuan belajar sesuai dengan kegiatan belajar yang dilakukannya.
2. Informasi yang dapat digunakan untuk membina kegiatan belajar lebih lanjut, baik terhadap masing-masing siswa maupun terhadap siswa seluruh kelas.
3. Informasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, menetapkan tingkat kesulitan/kemudahan untuk melaksanakan kegiatan remedial, pendalaman atau pengayaan.
4. Motivasi belajar siswa dengan cara memberikan informasi tentang kemajuannya dan merangsangnya untuk melakukan usaha pemantapan atau perbaikan.
5. Informasi semua aspek kemajuan setiap siswa dan pada gilirannya guru dapat membantu pertumbuhannya secara efektif untuk menjadi anggota masyarakat dan pribadi yang utuh.
6. Bimbingan yang tepat untuk memilih sekolah atau jabatan yang sesuai dengan keterampilan minat, dan kemampuannya.
Sebagaimana penilaian pada umunya, secara umum prinsip-prinsip penilaian kelas adalah sebagai berikut :
1. Valid
2. Mendidik
3. Berorientasi pada kompetensi
4. Adil dan objektif
5. Terbuka
6. Berkesinambungan
7. Menyeluruh
8. Bermakna
1. Valid
2. Mendidik
3. Berorientasi pada kompetensi
4. Adil dan objektif
5. Terbuka
6. Berkesinambungan
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Penilaian dalam konteks kurikulum berbasis kompetensi dilakukan melalui penilaian berbasis kelas. Penilaian berbasis kelas pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan, ditinjau dari dimensi kompetensi yang ingin dicapai meliputi 3 ranah, yakni kognitif, afeksi, dan psikomotor.
Teknik pengumpulan informasi dalam penilaian adalah :
A. Tes Tertulis
B. Tes Perbuatan (Performance Treat)
C. Tes Lisan
D. Penilaian Non Tes
Teknik dan alat non tes antara lain:
1. Observasi
2. Kuesioner
3. Wawancara
4. Daftar Cek
5. Skala pilihan
6. Studi Kasus
7. Portofolio
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.