Sunday, March 12, 2017

RPP PPKn Kelas 7 Semester 2 Bab Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Kurtilas Terbaru 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 4 )

Satuan Pendidikan           :  SMP Pancasila
Mata Pelajaran                 :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester              :  VII / Dua
Materi Pokok                   :  Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan 
                                            dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Alokasi Waktu                 :  5 x Pertemuan ( 120 menit )


A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik mampu :
a.    Menjelaskan penyebab keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia
b.    Menjelaskan penyebab keberagaman agama dan kepercayaan dalam masyarakat Indonesia
c.    Mengidentifikasi keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia
d.   Mengidentifikasi keberagaman agama dan kepercayaan dalam masyarakat Indonesia
e.    Menyusun hasil telaah keberagaman suku dan budaya, serta agama dan kepercayaan dalam masyarakat Indonesia
f.     Menyajikan hasil telaah keberagaman suku dan budaya,serta agama dan kepercayaan dalam masyarakat Indonesia

Pertemuan 2
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik mampu :
a. Menjelaskan penyebab keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia
b. Menjelaskan penyebab keberagaman gender dalam masyarakat Indonesia
c. Mengidentifikasi keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia
d. Mengidentifikasi keberagaman gender dalam masyarakat Indonesia
e. Menyusun hasil telaah keberagaman ras, dan gender dalam masyarakat Indonesia
f. Menyajikan hasil telaah keberagaman ras, dan gender dalam masyarakat Indonesia

Pertemuan 3
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a. Menjelaskan arti penting keberagaman masyarakat Indonesia dalam lingkungan sekolah
b. Menjelaskan arti penting keberagaman masyarakat Indonesia dalam lingkungan masyarakat
c. Menjelaskan arti penting keberagaman masyarakat Indonesia dalam lingkungan bangsa dan negara
d. Menyusun laporan hasil telaah arti penting keberagaman masyarakat Indonesia
e. Menyajikan laporan hasil telaah arti penting keberagaman masyarakat Indonesia

Pertemuan 4
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.  mengidentifikasi perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di lingkungan sekolah
b.  mengidentifikasi perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di lingkungan masyarakat
c.  mengidentifikasi perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di lingkungan bangsa dan negara
d.  menyusun laporan hasil pengamatan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan.
e.  menyajikan laporan hasil pengamatan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan

Pertemuan 5
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.  Menyusun rencana praktik kewarganegaraan sebagai bentuk interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
b.  Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai bentuk interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
c.  Menyusun laporan praktik kewarganegaraan sebagai bentuk interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
d. Menyajikan laporan praktik kewarganegaraan sebagai bentuk interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender

B.  Kompetensi Dasar (KD)
 1.4 Menghargai keberagaman norma-norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam   
        bingkai Bhinneka Tunggal Ika secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan.
2.4  Menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.4  Memahami keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4  Melaksanakan tanggung jawab terkait keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

    Indikator
1.4.1 Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
1.4.2 Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.
3.4.1 Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.2 Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3 Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
3.4.4 Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
3.4.5 Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
3.4.6 Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.7 Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.1 Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2 Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

C.  Materi Pembelajaran
1. Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
a. Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
 Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.
b. Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya
Keberagaman bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa
yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana.
Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Menurut penelitian Badan Pusat Statistik yang dilaksanakan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antarsuku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.
c. Keberagaman Agama dan Kepercayaan
d. Keberagaman Ras

2. Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras, agama, dan antargolongan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

3. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan
Persatuan dan kesatuan di sebuah negara yang beragam dapat diciptakan salah satunya
dengan perilaku masyarakat yang menghormati keberagaman bangsa dalam wuju perilaku toleran terhadap keberagaman tersebut. Sikap toleransi berarti menahan diri,
bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apa pun agama, suku, golongan, ideologi atau pandangannya.

D.  Metode Pembelajaran
Pembelajaran menggunakan discovery learning,
Metode diskusi dengan model pembelajaran jigsaw. Pembelajaran Refleksi Nilai-nilai Luhur Pancasila, Pembelajaran bekerja dalam kelompok, Pembelajaran Klarifikasi Nilai, Pembelajaran berbasis budaya,

E. Media Pembelajaran
v  Note Book
v  LCD Proyektor
v  Foto-foto / Gambar Keberagaman bangsa Indonesia
v  Gambar kekayaan budaya bangsa

F. Sumber Belajar
v  Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VII, Jakarta : Kemdikbud, 2016
v  Buku lagu-lagu daerah, Tarian daerah
v  Referensi /Internet sesuai materi pokok

      Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit)
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau bermain permainan daerah.
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab suku dan budaya di Indonesia, dan mengamati gambar keberagaman bangsa Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti
1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 siswa.
2. Guru memberi tugas dan materi yang berbeda untuk tiap anggota dalam kelompok.
3. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka.
4. Setelah selesai diskusi sebagian tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar/melaoporkan hasil diskusinya kepada teman satu tim mereka tentang subbab yang dibahas.
5. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya.
6. Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh, seperti berikut ini.
a. Hubungan suku dengan wilayah secara geografis.
b. Hubungan suku dengan budaya.
c. Persamaan dan perbedaan suku dan budaya.
7. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.

     Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat perumusan, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4. Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi soal disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi.
5. Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan tugas mempelajari materi Bab 4, Subbab A.

H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi. Penilaian
dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian
sikap dapat menggunakan Jurnal Perkembangan sikap.

 Jurnal Perkembangan Sikap

Kelas          : ……..............…….
Semester      : ……..............…….

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1




2




3




4




5




dst






2.  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan menilai atau mengobservasi pengetahuan yang diperlihatkan oleh peserta didik dalam diskusi.
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan Tanya jawab yang dilakukan oleh guru.


Instrumen Observasi Pengetahuan

Kelas               : ……..............…….
Semester          : ……..............…….

Pengetahuan yang dinilai :
Mengidentifikasi Faktor Penyebab Keragaman Bangsa Indonesia
No.

Nama
Peserta
Didik

Jawaban Peserta Didik

Menjawab
Saja

Mendefinisikan

Mendefinisikan
dan Sedikit
Uraian

Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis

1
2
3
4
1
Ani

2


2
Iwan


3

3
Pa’Ino



4
4
Ma’Ijem
1



Dst.






Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.

Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis

              Nilai = Skor Perolehan × 25

3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang penyebab keragaman suku dan budaya bangsa Indonesia.
Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

No.

Nama
Peserta
Didik

Kemampuan
Bertanya

Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1

















2

















3

















4

















Dst.


















Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

                                 Nilai = Skor Perolehan × 50
                                                          2
Pedoman Penskoran (Rubrik)

No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab/Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.

4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.


Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit)
G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau bermain permainan daerah.
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab ras, agama dan antargolongan di Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti
1. Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok atau sesuai kebutuhan.
2. Guru membimbing peserta didik mengamati keanekaragama suku, agama, ras, dan antargolongan dalam masyarakat di sekitar peserta didik, dan mengkaji berbagai keanekaragaman bangsa Indonesia yang ada di buku paket maupun di sumber belajar lainnya.
3. Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaitan keberagaman ras, agama, dan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
4. Guru membimbing menyusun pertanyaan agar sesuai indikator pencapaian kompetensi, seperti : siapa, apa, kapan, bagaimana, mengapa keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat Indonesia dan faktor-faktor penyebab keberagaman tersebut.
5. Guru membimbing peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber belajar dan mendiskusikan pertanyaan yang disusun dan melakukan Aktivitas 4.2.
6. Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan mengkajinya dengan nilai-nilai luhur Pancasila yang seharusnya tetap ada dalam masyarakat Indonesia.
7. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.
8. Guru membimbing peserta didik menyusun hasil telaah nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat. Laporan hasil telaah dapat bentuk bahan tayang, display, atau bentuk lain.
9. Guru membimbing peserta didik menyajikan hasil telaah keberagaman hasil telaah nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam masyarakat.

Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat perumusan, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4. Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi 4.2 atau soal yang disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi.
5. Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi Bab 4, Subbab B.

H.  Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan Jurnal Perkembangan sikap.

Jurnal Perkembangan Sikap

Kelas          : ……..............…….
Semester      : ……..............…….

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1




2




3




4




5




6




7




8




dst





2.  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan kedua dengan menilai atau mengobservasi pengetahuan yang diperlihatkan oleh peserta didik dalam diskusi.
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan Tanya jawab yang dilakukan oleh guru.

Instrumen Observasi Pengetahuan

Kelas               : ……..............…….
Semester          : ……..............…….

Pengetahuan yang dinilai :
Mengidentifikasi Faktor Penyebab Keragaman Bangsa Indonesia
No.

Nama
Peserta
Didik

Jawaban Peserta Didik

Menjawab
Saja

Mendefinisikan

Mendefinisikan
dan Sedikit
Uraian

Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis

1
2
3
4
1
Ani

2


2
Iwan


3

3
Pa’Ino



4
4
Ma’Ijem
1



Dst.






Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis

              Nilai = Skor Perolehan × 25
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang keberagaman bangsa Indonesia. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

No.

Nama
Peserta
Didik

Kemampuan
Bertanya

Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1

















2

















3

















4

















5

















Dst.


















Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

                                 Nilai = Skor Perolehan × 50
                                                          2
Pedoman Penskoran (Rubrik)

No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab/Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.
    
      Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit)
G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional atau permainan.
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai arti penting keberagaman masyarakat Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti
1. Guru membentuk kelas menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota empat sampai dengan lima peserta didik.
2. Kelompok menentukan satu topik masalah untuk bahan kajian arti penting keberagaman masyarakat Indonesia, seperti keberagaman suku di sekolah.
3. Peserta didik membaca berbagai berita dan perisiwa berkaitan dengan topik yang dipilih sesuai tugas Aktivitas 4.3, dan peristiwa yang terjadi di sekitar peserta didik.
4. Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaiatan dengan berita atau peristiwa sesuai topik yang dipilih.
5. Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai indicator pencapaian kompetensi, seperti :
a. Apa manfaat keberagaman suku di lingkungan sekolah?
b. Apa akibat keberagaman suku di lingkungan sekolah?
c. Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
d. Bagaimana cara agar keberagaman dalam masyarakat tidak berakibat negatif ?
6. Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan, dengan cara sebagai berikut.
a. Membaca uraian materi Bab 4, Subbab B bagian 2 dan sumber belajar yang lain.
b. Wawancara terhadap berbagai sumber, seperti peserta didik, guru, masyarakat, polisi, dan sebagainya.
c. Mengamati lebih lanjut berbagai perisitiwa sesuai topik.
7. Guru membimbing kelompok dengan memfasilitasi berbagai sumber belajar, seperti buku teks, buku penunjang, dan internet.
8. Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok.
9. Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
a. Hubungan antar berbagai peristiwa.
b. Persamaan dan perbedaan penyebab peristiwa.
c. Akibat dari suatu peristiwa.
10. Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting keberagaman dalam masyarakat.
11. Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah arti penting  keberagaman dalam masyarakat persatuan dan kesatuan Indonesia secara tertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
12. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain.
Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.

Kegiatan Penutup
1.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.    Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.
3.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan
4.    Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap kelompok untuk mempelajari Bab 4 Subbab C.

H.  Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, atau jurnal. Hasil penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format penilaian sikap sebagai mana diuraikan di bagian 1.

2.  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan penugasan Aktivitas 4.4 dan Tes Uji Kompetensi dengan soal 4.1.

Kunci Jawaban Uji Kompetensi
Uji Kompetensi 4.1
1.  Penyebab keragaman masyarakat Indonesia.
a.  Letak strategis wilayah Indonesia.
b.  Kondisi negara kepulauan.
c.  Perbedaan kondisi alam.
d.  Keadaan transportasi dan komunikasi.
e.  Penerimaan masyarakat terhadap perubahan. (nilai 40)
2. Tiga suku bangsa di Indonesia berkaitan dengan asal daerah, bahasa yang digunakan dan pakaian adat yang digunakan (disesuaikan dengan lingkungan daerah tempat tinggal sekitarnya). (nilai 30)
3. Tiga contoh kebudayaan daerah berkaitan dengan lagu daerah, tarian daerah, dan alat musik daerah (disesuaikan dengan lingkungan daerah tempat tinggal sekitarnya. (nilai 30)

                     Nilai soal 1 + Nilai Soal 2 + Nilai Soal 3 = 100

3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah tentang arti penting persatuan dan kesatuan. Contoh intrumen penilaian portofolio dapat menggunakan format penilaian Lembar Penilaian Penyajian dan Laporan Hasil telaah di bagian 1.

       Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)
G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu daerah atau permainan daerah.
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti
1. Guru membentuk kelas menjadi delapan kelompok dengan topik yang berbeda seperti toleransi terhadap keberagaman di berbagai lingkungan.
2. Guru meminta peserta didik mengamati perilaku toleransi di berbagai lingkungan kehidupan.
3. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok secara dialogis untuk mengkaji suatu isu toleransi.
4. Peserta didik menyatakan pendapatnya tentang pentingnya toleransi,
5. Peserta didik menjelaskan mengapa ia memilih untuk memiliki sikap toleran.
6. Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang diperoleh, seperti berikut ini.
a. Faktor penyebab perilaku toleransi
b. Akibat apabila perilaku tidak toleransi
c. Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan.

Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.
3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan
4. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap kelompok untuk melakukan proyek kewarganegaraan.

H.  Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan Jurnal Perkembangan sikap.
Jurnal Perkembangan Sikap

Kelas          : ……..............…….
Semester      : ……..............…….

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1




2




3




4




5




dst





2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan keempat dengan
menilai atau mengobservasi pengetahuan yang diperlihatkan oleh peserta didik
dalam diskusi.
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan
mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan tanya
jawab yang dilakukan oleh guru.

Instrumen Observasi Pengetahuan

Kelas               : ……..............…….
Semester          : ……..............…….

Pengetahuan yang dinilai :
Mengidentifikasi Faktor Penyebab Keragaman Bangsa Indonesia
No.

Nama
Peserta
Didik

Jawaban Peserta Didik

Menjawab
Saja

Mendefinisikan

Mendefinisikan
dan Sedikit
Uraian

Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis

1
2
3
4
1
Ani

2


2
Iwan


3

3
Pa’Ino



4
4
Ma’Ijem
1



Dst.






Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis

              Nilai = Skor Perolehan × 25

3.  Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

No.

Nama
Peserta
Didik

Kemampuan
Bertanya

Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1

















2

















3

















4

















Dst.


















Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

                                 Nilai = Skor Perolehan × 50
                                                          2

Pedoman Penskoran (Rubrik)

No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab/Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.

      Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)
G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu daerah atau permainan daerah
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai praktik kewarganegaraan menampilkan budaya daerah Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti
1. Guru membentuk kelas menjadi dengan anggota 4 sampai dengan 5 orang, dengan anggota yang berbeda-beda, seperti jenis kelamin, agama, asal daerah, dan sebagainya.
2. Guru meminta peserta didik mengamati gambar. Juga berbagai budaya daerah yang ada di Indonesia dan sekitar lingkungan peserta didik, seperti tarian, lagu, musik, pakaian, dan sebagainya.
3. Kelompok menentukan satu bentuk budaya yang akan ditampilkan dalam pentas budaya Indonesia di kelas.
4. Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan tugas praktik kewarganegaraan.
5. Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai indicator pencapaian kompetensi.
6. Guru membimbing kelompok mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun, dengan mengamati bentuk interaksi secara langsung dan atau wawancara dengan nara sumber. Juga membaca berbagai sumber bacaan atau internet.
7. Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok.
8. Guru membimbing kelompok berlatih sesuai budaya yang akan ditampilkan, dengan kerjasama dengan orang tua.
9. Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dalam praktik kewarganegaraan, seperti berikut ini.
a. Makna dari budaya daerah.
b. Manfaat budaya daerah.
10. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan praktik kewarganegaraan
11. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan budaya daerah dalam pentas budaya Indonesia.
12. Guru membimbing kelompok lain untuk memberikan penilaian dan apresiasi atas penampilan kelompok lain.

H.  Penilaian Hasiul Pembelajaran
1. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, atau jurnal. Hasil penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran.

Lembar Penilaian Diri Siswa
Nama             : ...............................
Kelas                         : ...............................
Semester        : ...............................
Petunjuk :
Berilah tanda ceklist ( ) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang), 3 (sering),
atau 4 (selalu) sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya.

Penilaian Diri Siswa
No.
Pernyataan
4
3
2
1
1
Saya bertambah yakin akan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa setelah mempelajari makna Bhinneka Tunggal Ika.




2
Saya menjalankan ibadah agama yang dianut




3
Saya bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia yang bersatu dalam keberagaman/ perbedaan.




4
Saya tidak mengganggu teman yang berbeda suku, agama, ras dan antargolongan.




5
Saya mematuhi tata tertib sekolah.




6
Saya mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan




7
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat dalam bermusyawarah




8
Saya menerima kekurangan dan kelebihan orang lain.




9
Saya bekerja sama dalam kelompok yang berbeda suku, agama, ras dan antargolongan




10
Saya bergaul dengan teman yang berbeda suku, agama, ras dan antargolongan.




11
Saya berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.




12
Saya mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi dan kelompok.




13
Saya berperilaku santun kepada teman yang berbeda suku, agama, ras dan antargolongan.




14
Saya berbicara sopan kepada teman tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antargolongan.




15
Saya mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan
antargolongan.






2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk
uraian dan penugasan. Instumen tes uraian menggunakan Uji Kompetensi.

Kunci Jawaban Uji Kompetensi
Uji Kompetensi 4.2
1. Penyebab keragaman agama di Indonesia diakibatkan pengaruh letak geografis kepulauan dan jalur perdagangan internasional.
2. Tiga manfaat keragaman di lingkungan sekolah, antara lain sebagai berikut.
a. Menghargai perbedaan dalam lingkungan pergaulan dengan teman di sekolah
b. Saling mengenal satu sama lain.
c. Memperkokoh persatuan dan kesatuan.
3. Upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa, antara lain dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a. Tidak menonjolkan perbedaan keberagaman dalam pergaulan hidup seharihari.
b. Mengedepankan persamaan sebagai warga negara Indonesia.
c. Saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.
Peserta didik juga mengisi uji pemahaman, peserta didik melakukan penilaian diri
atas pemahaman terhadap materi pada bab 4 dengan memberikan tanda ceklist
pada kolom sangat paham, paham sebagian, dan belum paham.

Uji Pemahaman
No.
Submateri Pokok
Sangat
Paham
Paham
Sebagian
Belum
Paham
1.
a. Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia.
b. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
c. Keberagaman suku bangsa dan budaya.
d. Keberagaman agama dan kepercayaan.
e. Keberagaman ras.
f. Keberagaman antargolongan.



2.
Arti Penting MemahamiKeberagaman
dalam Masyarakat Indonesia.




3.
Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku Bangsa, Budaya, Agama dan Kepercayaan, Ras, dan Antargolongan.




     Apabila pemahaman kamu berada pada kategori sangat paham, mintalah materi
pengayaan kepada guru untuk menambah wawasan kamu. Apabila pemahaman kamu
berada pada kategori paham sebagian dan belum paham coba bertanyalah kepada
guru serta mintalah penjelasan lebih lengkap, agar kamu dapat cepat memahami
materi pelajaran yang sebelumnya kurang atau belum dipahami.

3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan tes perbuatan untuk menilai
praktik kewarganegaraan.

No.

Nama
Peserta
Didik

Kemampuan
Bertanya

Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1

















2

















3

















4

















Dst.


















Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

                                 Nilai = Skor Perolehan × 50
                                                          2
Pedoman Penskoran (Rubrik)

No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab/Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.

4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.


Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi memahami keberagaman masyarakat Indonesia. Bentuk pengayaan dapat dilakukan dengan antara lain sebagai berikut.
1.  Guru memberikan tugas mempelajari lebih lanjut tentang materi pokok dariberbagai sumber dan mencatat hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
2.  Peserta didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor sebaya.

Remedial
Remedial dilaksanakan untuk peserta didik yang belum memahami keberagaman masyarakat Indonesia. Kegiatan remedial dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apablai peserta didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan atara lain sebagai berikut.
1. Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas
2. Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas
3. Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan.
Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasai oleh peserta didik. Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pembinaan secara holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.

Interaksi Guru dan Orang Tua
Interkasi guru dengan orang tua dapat dilakukan melalui beberapa langkah antara
lain sebagai berikut.
1. Guru meminta kerjasama dengan orang tua untuk mendampingi peserta didik melakukan hal sebagai berikut.
• Membuat laporan tentang keberagaman masyarakat Indonesia
• Mencoba praktik kewarganegaraan untuk menampilkan budaya darah Indonesia.
2. Guru meminta peserta didik memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/ dikomentari guru kepada orang tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil pekerjaan peserta didik. Orang tua dapat menuliskan apresiasi kepada anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil penilaian yang telah diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio peserta didik.

itulah postingan RPP PPKn Kelas 7 Semester 2 Bab Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. nama saya Maria Fadhlan dari Ajman di UEA, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 2000 karena saya butuh pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses yang diterimanya. semua ini terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu seseorang online minggu lalu yang bersaksi tentang pemberi pinjaman jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah di RIKA ANDERSON PERUSAHAAN PINJAMAN. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Anda ibu Rika, semoga Allah terus memberkati Anda Ibu Rika atas kejujuran dan perbuatan baik Anda. jika Anda memerlukan pinjaman dan pinjaman tanpa jaminan cepat hubungi ibu Rika melalui perusahaan, W / S: +19147057484 Anda dapat menghubungi saya juga melalui mariafadhlan@gmail.com

    ReplyDelete
  2. nama saya Maria Fadhlan dari Ajman di UEA, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 2000 karena saya butuh pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses yang diterimanya. semua ini terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu seseorang online minggu lalu yang bersaksi tentang pemberi pinjaman jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah di RIKA ANDERSON PERUSAHAAN PINJAMAN. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Anda ibu Rika, semoga Allah terus memberkati Anda Ibu Rika atas kejujuran dan perbuatan baik Anda. jika Anda memerlukan pinjaman dan pinjaman tanpa jaminan cepat hubungi ibu Rika melalui perusahaan, W / S: +19147057484 Anda dapat menghubungi saya juga melalui mariafadhlan@gmail.com

    ReplyDelete

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.