LAMPIRAN PENILAIAN PENGETAHUAN :
Uji Kompetensi Listrik Dinamis Kelas 9 untuk SMP
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Perubahan
energi
yang
terjadi
pada
baterai
yang
menyalakan
senter adalah ….
a. listrik-mekanik-cahaya
b. kimia-mekanik-cahaya
c. kimia-listrik-cahaya
d. mekanik-listrik-cahaya
2. Gambar berikut menunjukkan baterai dan lampu yang dihubung- kan dengan kawat pada beberapa
bahan. Gambar yang menunjukkan lampu menyala adalah ….
a. 1
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 1, 3 dan 4
3. Batang
yang terbuat dari bahan berbeda
dihubungkan di antara titik P dan Q pada rangkaian
berikut. Batang yang akan menyebabkan lampu menyala adalah ….
a. batang tembaga
b. batang kayu
c. batang
gelas
d. batang
plastic
4.
Energi listrik digunakan untuk
menyalakan lampu. Perbandingan jumlah energi listrik
yang digunakan dengan jumlah energi cahaya
yang dihasilkan adalah ….
a. jumlah energi listrik yang dihasilkan lebih dari jumlah energi
cahaya yang dihasilkan
b. jumlah energi listrik yang dihasilkan
kurang dari jumlah energi
cahaya yang dihasilkan
c. jumlah energi listrik
yang dihasilkan sama dengan jumlah energi
cahaya yang dihasilkan
d. jumlah
energi listrik yang dihasilkan terkadang
lebih banyak atau lebih
sedikit dari pada jumlah energi
cahaya yang dihasilkan
5. Sebuah ruang
kelas menggunakan berbagai
peralatan listrik dengan rincian daya dan waktu pemakaian
seperti pada tabel berikut!
No
|
Jenis
Peralatan
Listrik
|
Besar
Daya
|
Rata-rata
Pemakaian
|
1
|
4 buah lampu
|
20 watt
|
3 jam
|
2
|
Pendingin
ruangan (AC)
|
450 watt
|
6 jam
|
3
|
LCD proyektor
|
100
watt
|
6 jam
|
4
|
Komputer
|
350
watt
|
6 jam
|
Jika harga listrik tiap kWh adalah
Rp.
385,00
dan
listrik
digunakan dari hari Senin sampai Sabtu, maka biaya listrik
yang harus dibayarkan
untuk kelas tersebut adalah .... (asumsi 1 bulan =
30
hari).
a. Rp. 114.114,00
b. Rp. 65.142,00
c. Rp. 56.456,40
d. Rp. 55.255,20
6. Tiga lampu identik dihubungkan dengan sebuah baterai
seperti terlihat pada gambar berikut ini. Arah panah
menunjukkan arah aliran
arus listrik. Pernyataan berikut yang benar adalah ….
a. arus pada lampu 1 lebih besar daripada
arus pada lampu 2
b. arus pada lampu 1 lebih besar daripada
arus pada lampu 3
c. arus pada lampu 2 sama dengan arus pada
lampu 3
d. arus pada lampu 2 sama dengan arus pada
lampu 1
7. Zat kimia yang berfungsi untuk
menghantarkan rangsang listrik adalah ….
a. lipase
b. neurotransmitter
c. amilase
d. esterogen
8. Beberapa siswa menggunakan amperemeter (A) untuk mengukur
arus pada sirkuit dengan tegangan yang berbeda-beda.
Tabel di bawah ini menunjukkan hasil
pengukuran beberapa siswa
tersebut. Lengkapilah tabel berikut ini!
Tegangan
(volt)
|
Arus listrik
(miliampere)
|
2
|
15
|
4
|
30
|
....
|
60
|
|
|
a.
5
volt
b. 6 volt
c. 7 volt
d. 8 volt
9. Salah satu keuntungan energi matahari
adalah ….
a. tidak
menghasilkan polusi
b. energi
matahari tidak dapat diperbaharui
c. energi
matahari efisien di beberapa iklim
d. energi
matahari tersedia sepanjang waktu
10. Berikut yang bukan bahan bakar fosil
adalah ….
a. batubara
b. minyak
bumi
c. matahari
d. gas alam
Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 1)
Lembar Kerja 1 (terlampir)
InstrumenTes Praktik 1
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Melakukan observasi
|
|
|
|
2
|
Menuliskan hasil
observasi
|
|
|
|
3
|
Mengklasifikasikan
|
|
|
|
4
|
Membuat kesimpulan
|
|
|
|
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
|
|
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Melakukan observasi
|
3.
Melakukan observasi dengan menggunakan semua alat indra yang sesuai dan
sesuai fakta.
2.
Melakukan observasi dengan menggunakan sebagian alat indra yang mendukung dan
sesuai fakta.
1.
Tidak menggunakan sebagian alat indra yang sesuai dan
atau tidak seuai fakta.
|
|
Menuliskan hasil
observasi
|
3.
Menuliskan hasil observasi sesuai hasil pengamatan
dan prosedur.
2.
Menuliskan hasil observasi sesuai hasil pengamatn dan
kurang sesuai prosedur.
1.
Tidak menuliskan hasil observasi.
|
|
Mengklasifikasikan
|
3.
Mampu mengelompokkan sesuai kategorinya dengan benar.
2.
Mampu mengelompokkan kurang sesuai dengan kategori
yang benar.
1.
Tidak mampu mengelompokkan.
|
|
Membuat kesimpulan
|
3.
Mampu membuat keimpulan sesuai rumusan masalah dengan
benar.
2.
Mampu menuliskan kesimpulan namun tidak sesuai
rumusan masalah.
1.
Tidak menuliskan kesimpulan.
|
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
3.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya
diri.
2.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya
diri.
1.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya
diri.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Tes Praktik 2:
|
1)Mengklasifikasikan
benda hidup dan tak hidup, 2) mengobservasi, 3) menalar, 4)
mengkomunikasikan, 5) membuat tabel
|
Lembar Kerja 2 (terlampir)
Instrumen Tes Praktik 2
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
Penilaian
|
||
(3)
|
(2)
|
(1)
|
||
1
|
Mengobservasi
|
|
|
|
2
|
Mengklasifikasikan
|
|
|
|
3
|
Menalar
|
|
|
|
4.
|
Membuat tabel
hasil pengamatan
|
|
|
|
5.
|
Membuat
kesimpulan
|
|
|
|
6.
|
Mempresentasikan
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
Keterangan : 3 =
baik; 2 = cukup; dan 1 = kurang
Rubrik Penilaian
Nilai =
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
X 100
|
|
|||
Skor Maksimum
|
||||||
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
||||
1
|
Melakukan observasi
|
3.
Melakukan observasi dengan menggunakan semua alat indra yang sesuai dan
sesuai fakta.
2.
Melakukan observasi dengan menggunakan sebagian alat indra yang mendukung dan
sesuai fakta.
1.
Tidak menggunakan sebagian alat indra yang sesuai dan
atau tidak seuai fakta.
|
||||
|
Mengklasifikasikan
|
3.
Mampu mengelompokkan sesuai kategorinya dengan benar.
2.
Mampu mengelompokkan kurang sesuai dengan kategori
yang benar.
1.
Tidak mampu mengelompokkan.
|
||||
|
Menalar
|
3.
Mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan tujuan dan
rumusan masalah.
2.
Mampu menjawab pertanyaan sesuai tujuan saja atau
rumusan masalah saja.
1.
Tidak menjawab pertanyaan sesuai rumusan masalah dan
tujuan LKS.
|
||||
|
Membuat tabel
|
3.
Mampu membuat tabel hasil pengamatan yang komunikatif
dan logis.
2.
Mampu membuat tabel tidak komunikatif tapi logis
1.
Mampu membuat tabel namun tidak komunikatif dan
logis.
|
||||
|
Membuat kesimpulan
|
3.
Mampu membuat keimpulan sesuai rumusan masalah dengan
benar.
2.
Mampu menuliskan kesimpulan namun tidak sesuai
rumusan masalah.
2.
Tidak menuliskan kesimpulan.
|
||||
|
Mempresentasikan hasil
praktik
|
3.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya
diri.
2.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya
diri.
1.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya
diri.
|
||||
Potensial listrik.
Dari rumus
Dapat dikatakan bahwa arus listrik (I) adalah besarnya muatan listrik (Q) yang mengalir tiap satu satuan waktu (t). Jadi arus listrik memindahkan muatan sehingga
memerlukan energi. Besarnya energi listrik untuk memindahkan tiap satu satuan
muatan listrik disebut potensial listrik
.
V =
potensial listrik …..…………..volt ( V ).
W = energi
listrik…………………..joule ( J ).
Q = muatan listrik ……………coulomb ( C ).
Lembar Kerja
Siswa 1.
Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel
Apa
yang kamu perlukan?
1.
6
kabel dengan penjepit buaya,
2.
1
baterai, dan
3.
2
lampu bohlam.
Apa
yang harus kamu lakukan?
1. Buatlah
rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga dua lampu menyala
terang. Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh! Jika salah satu lampu dilepas,
bagaimana dengan keadaan lampu yang lain? Disebut
apakah rangkaian yang kamu
peroleh tersebut?
2. Buatlah
rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga dua lampu menyala redup.
Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh! Jika salah satu lampu dilepas, bagaimana
dengan keadaan lampu yang lain? Disebut
apakah rangkaian yang kamu
peroleh tersebut?
3. Jika
rangkaian lampu secara seri dan paralel digabung menjadi satu rangkaian, apa
yang terjadi? Jelaskan!
Apa
yang dapat kamu simpulkan?
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?
Lembar Kerja Siswa 2
Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel
Apa yang kamu perlukan?
1. 1
lampu bohlam 12 watt,
2. 6
kabel dengan penjepit buaya, dan
3. 3
baterai dan dudukkannya.
Apa
yang harus kamu lakukan?
1. Buatlah rangkaian listrik dengan
susunan satu baterai sehingga lampu menyala! Gambarkan rangkaian yang kamu
peroleh!
2. Buatlah
rangkaian listrik dengan susunan dua baterai sehingga lampu menyala!
Lakukan susunan baterai
dengan berbagai cara dan perhatikan nyala lampu.
Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!
3. Buatlah
rangkaian listrik dengan susunan tiga baterai sehingga lampu menyala.
Lakukan susunan baterai
dengan berbagai cara dan perhatikan nyala lampu.
Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!
Apa yang harus kamu diskusikan?
1. Bandingkan
hasil
pengamatan
pada
langkah
1,
2,
dan
3!
Bagaimanakan susunan baterai yang
digunakan
dan
nyala
lampu yang terjadi!
2. Jika dibandingkan dengan Aktivitas 5.8
pada rangkaian lampu, disebut apakah rangkaian baterai yang kamu temukan?
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Buatlah kesimpulan tentang
susunan
baterai
yang
kamu temukan!
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.