Tuesday, March 7, 2017

Soal Penilaian Uji Kompetensi Listrik Dinamis Kelas 9 untuk SMP


LAMPIRAN PENILAIAN PENGETAHUAN :

Uji Kompetensi Listrik Dinamis Kelas 9 untuk SMP

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!


1.    Perubahan  energi  yang  terjadi  pada  baterai  yang  menyalakan senter adalah ….
a. listrik-mekanik-cahaya
b. kimia-mekanik-cahaya
 c. kimia-listrik-cahaya
d. mekanik-listrik-cahaya

  2.   Gambar berikut menunjukkan baterai dan lampu yang dihubung- kan dengan kawat pada beberapa bahan. Gambar yang menunjukkan lampu menyala adalah ….
a. 1
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 1, 3 dan 4

3.   Batang yang terbuat dari bahan berbeda dihubungkan di antara titik P dan Q pada rangkaian berikut. Batang yang akan menyebabkan lampu menyala adalah ….
a. batang tembaga
b. batang kayu
 c. batang gelas
d. batang plastic

4.   Energi listrik digunakan untuk menyalakan lampu. Perbandingan jumlah energi listrik yang digunakan dengan jumlah energi cahaya yang dihasilkan adalah ….
a. jumlah energi listrik yang dihasilkan lebih dari jumlah energi cahaya yang dihasilkan
b. jumlah energi listrik yang dihasilkan kurang dari jumlah energi cahaya yang dihasilkan
c. jumlah energi listrik yang dihasilkan sama dengan jumlah energi cahaya yang dihasilkan
d. jumlah energi listrik yang dihasilkan terkadang lebih banyak atau lebih sedikit dari pada jumlah energi cahaya yang dihasilkan

5.    Sebuah ruang kelas menggunakan berbagai peralatan listrik dengan rincian daya dan waktu pemakaian seperti pada tabel berikut!



No

Jenis Peralatan Listrik
Besar
Daya
Rata-rata
Pemakaian
1
4 buah lampu
20 watt
3 jam
2
Pendingin ruangan (AC)
450 watt
6 jam
3
LCD proyektor
100 watt
6 jam
4
Komputer
350 watt
6 jam
Jika  harga  listrik  tiap  kWh  adalah  Rp.  385,00  dan  listrik digunakan dari hari Senin sampai Sabtu, maka biaya listrik yang harus dibayarkan untuk kelas tersebut adalah .... (asumsi 1 bulan = 30 hari).
a. Rp. 114.114,00
b. Rp. 65.142,00
c. Rp. 56.456,40
d. Rp. 55.255,20
  
6.   Tiga lampu identik dihubungkan dengan sebuah baterai seperti terlihat pada gambar berikut ini. Arah panah menunjukkan arah aliran arus listrik. Pernyataan berikut yang benar adalah ….
a. arus pada lampu 1 lebih besar daripada arus pada lampu 2
b. arus pada lampu 1 lebih besar daripada arus pada lampu 3
c. arus pada lampu 2 sama dengan arus pada lampu 3
d. arus pada lampu 2 sama dengan arus pada lampu 1

7.    Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah ….
a. lipase
b. neurotransmitter
c. amilase
d. esterogen

8.  Beberapa siswa menggunakan amperemeter (A) untuk mengukur arus pada sirkuit dengan tegangan yang berbeda-beda.


Tabel di bawah ini menunjukkan hasil pengukuran beberapa siswa tersebut. Lengkapilah tabel berikut ini!

Tegangan (volt)
Arus listrik
(miliampere)
2
15
4
30
....
60


a.  5 volt
b. 6 volt
c. 7 volt
d. 8 volt

9.   Salah satu keuntungan energi matahari adalah ….
a. tidak menghasilkan polusi
b. energi matahari tidak dapat diperbaharui
c. energi matahari efisien di beberapa iklim
d. energi matahari tersedia sepanjang waktu
10. Berikut yang bukan bahan bakar fosil adalah ….
a. batubara
b. minyak bumi
c. matahari
d. gas alam



Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 1)
Lembar Kerja 1 (terlampir)
InstrumenTes Praktik 1

No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Melakukan observasi



2
Menuliskan hasil observasi



3
Mengklasifikasikan



4
Membuat kesimpulan



5
Mempresentasikan hasil praktik



Jumlah Skor yang Diperoleh


Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Melakukan observasi
3.         Melakukan observasi dengan menggunakan semua alat indra yang sesuai dan sesuai fakta.
2.         Melakukan observasi dengan menggunakan sebagian alat indra yang mendukung dan sesuai fakta.
1.         Tidak menggunakan sebagian alat indra yang sesuai dan atau tidak seuai fakta.
  1.  
Menuliskan hasil observasi
3.         Menuliskan hasil observasi sesuai hasil pengamatan dan prosedur.
2.         Menuliskan hasil observasi sesuai hasil pengamatn dan kurang sesuai prosedur.
1.         Tidak menuliskan hasil observasi.
  1.  
Mengklasifikasikan
3.         Mampu mengelompokkan sesuai kategorinya dengan benar.
2.         Mampu mengelompokkan kurang sesuai dengan kategori yang benar.
1.         Tidak mampu mengelompokkan.
  1.  
Membuat kesimpulan
3.         Mampu membuat keimpulan sesuai rumusan masalah dengan benar.
2.         Mampu menuliskan kesimpulan namun tidak sesuai rumusan masalah.
1.         Tidak menuliskan kesimpulan.
  1.  
Mempresentasikan hasil praktik
3.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum

Tes Praktik 2:
1)Mengklasifikasikan benda hidup dan tak hidup, 2) mengobservasi, 3) menalar, 4) mengkomunikasikan, 5) membuat tabel
Lembar Kerja 2 (terlampir)
Instrumen Tes Praktik 2
No
Aspek yang dinilai
Skor Penilaian
(3)
(2)
(1)
1
Mengobservasi



2
Mengklasifikasikan



3
Menalar



4.
Membuat tabel hasil pengamatan



5.
Membuat kesimpulan



6.
Mempresentasikan



Jumlah Skor yang Diperoleh

Keterangan : 3 = baik; 2 = cukup; dan 1 = kurang

Rubrik Penilaian

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum

No
Indikator
Rubrik

1
Melakukan observasi
3.      Melakukan observasi dengan menggunakan semua alat indra yang sesuai dan sesuai fakta.
2.      Melakukan observasi dengan menggunakan sebagian alat indra yang mendukung dan sesuai fakta.
1.      Tidak menggunakan sebagian alat indra yang sesuai dan atau tidak seuai fakta.

  1.  
Mengklasifikasikan
3.      Mampu mengelompokkan sesuai kategorinya dengan benar.
2.      Mampu mengelompokkan kurang sesuai dengan kategori yang benar.
1.      Tidak mampu mengelompokkan.

  1.  
Menalar
3.            Mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah.
2.      Mampu menjawab pertanyaan sesuai tujuan saja atau rumusan masalah saja.
1.      Tidak menjawab pertanyaan sesuai rumusan masalah dan tujuan LKS.

  1.  
Membuat tabel
3.      Mampu membuat tabel hasil pengamatan yang komunikatif dan logis.
2.      Mampu membuat tabel tidak komunikatif tapi logis
1.      Mampu membuat tabel namun tidak komunikatif dan logis.

  1.  
Membuat kesimpulan
3.      Mampu membuat keimpulan sesuai rumusan masalah dengan benar.
2.      Mampu menuliskan kesimpulan namun tidak sesuai rumusan masalah.
2.      Tidak menuliskan kesimpulan.

  1.  
Mempresentasikan hasil praktik
3.      Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.      Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.      Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

Potensial listrik.
 


Dari rumus               

Dapat dikatakan bahwa arus listrik (I) adalah besarnya muatan listrik (Q) yang mengalir tiap satu satuan waktu (t). Jadi arus listrik memindahkan muatan sehingga memerlukan energi. Besarnya energi listrik untuk memindahkan tiap satu satuan muatan listrik disebut potensial listrik
           
                                    .

V  =  potensial listrik …..…………..volt ( V ).
W =  energi listrik…………………..joule ( J ).
Q  =  muatan listrik ……………coulomb ( C ).

  
Lembar Kerja Siswa 1.
Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel

Apa yang kamu perlukan?
1.  6 kabel dengan penjepit buaya,
2.  1 baterai, dan
3.  2 lampu bohlam.


Apa yang harus kamu lakukan?
1. Buatlah rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga dua lampu menyala terang. Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh! Jika salah satu lampu dilepas, bagaimana dengan keadaan lampu yang lain? Disebut apakah rangkaian yang kamu peroleh tersebut?
2.  Buatlah rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga dua lampu menyala redup. Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh! Jika salah satu lampu dilepas, bagaimana dengan keadaan lampu yang lain? Disebut apakah rangkaian yang kamu peroleh tersebut?
3.  Jika rangkaian lampu secara seri dan paralel digabung menjadi satu rangkaian, apa yang terjadi? Jelaskan!

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?

 Lembar Kerja Siswa 2
Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel



Apa yang kamu perlukan?
1.  1 lampu bohlam 12 watt,
2.  6 kabel dengan penjepit buaya, dan
3.  3 baterai dan dudukkannya.


Apa yang harus kamu lakukan?
1.   Buatlah rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga lampu menyala! Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!
2.  Buatlah rangkaian listrik dengan susunan dua baterai sehingga lampu menyala! Lakukan susunan baterai dengan berbagai cara dan perhatikan nyala lampu. Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!
3.  Buatlah rangkaian listrik dengan susunan tiga baterai sehingga lampu menyala. Lakukan susunan baterai dengan berbagai cara dan perhatikan nyala lampu. Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!

Apa yang harus kamu diskusikan?
1.   Bandingkan  hasil  pengamatan  pada  langkah  1,  2,  dan  3!
Bagaimanakan  susunan  baterai  yang  digunakan  dan  nyala lampu yang terjadi!
2.  Jika dibandingkan dengan Aktivitas 5.8 pada rangkaian lampu, disebut apakah rangkaian baterai yang kamu temukan?

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Buatlah   kesimpulan   tentang   susunan   baterai   yang   kamu temukan!


Itulah postingan tentang Lampiran Soal Penilaian Pengetahuan Uji Kompetensi Listrik Dinamis Kelas 9 untuk SMP yang semoga bermanfaat. salam :) 

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.