RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-06
Satuan Pendidikan : SMP JATIBARANG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/semester : IX/
satu
Materi
Pokok : Listrik dinamis
Alokasi Waktu : 3 pertemuan ( 7 Jam Pelajaran)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam jangkauan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaiaan Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Mengagumi
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya dengan
keteraturan melalui listrik dinamis.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
|
2.1.1
Melakukan
Kegiatan eksperiment secara teliti, disiplin, dan rasa igin tahu.
|
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
2.2.1
Melaksanakan
kerjasama dalam eksperiment kelompok.
|
|
3
|
3.6 Mendeskripsikan
karakteristik
rangkaian
listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi
listrik alternatif
(termasuk bioenergi), berbagai
upaya dalam menghemat energi listrik, serta
penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
|
3.6.1 Membedakan
karakteristik rangkaian listrik seri dan paralel.
3.6.2 Menghitung
besar arus listrik dalam suatu kawat penghantar.
3.6.3 Menghitung
besar energi listrik.
3.6.4 Menghitung besar daya listrik.
3.6.5 Menghitung biaya listrik bulanan rumah
tangga.
3.6.6 Menyebutkan
contoh sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.7 Menjelaskan
prinsip kerja sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.8 Menyebutkan
zat kimia yang terkandung
dalam tanaman sebagai sumber bioenergi.
3.6.9 Menyebutkan
upaya-upaya penghematan listrik.
3.6.10 Menyebutkan
penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
3.6.11
Menyebutkan upaya pencegahan bahaya
penggunaan listrik dalam kehidupan.
|
4
|
4.5 Melakukan
penyelidikan untuk menemukan
karakteristik
rangkaian
listrik, serta
hubungan energi
listrik dengan
tegangan, kuat arus
dan waktu pemakaian
|
4.5.1
Merangkai percobaan rangkaian sederhana
4.5.2 Merangkai percobaan Hk ohm.
4.4.2
Merangkai percobaan Hk kirchoff
4.4.3 Membuat laporan percobaan Hk
ohm
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Materi
Reguler
1. Arus
listrik mengalir karena
adanya perbedaan potensial
listrik, atau secara
matematis I =
2. Rangkaian
listrik terdiri 2
jenis, yaitu rangkaian
seri dan rangkaian paralel.
3. h.
Besar hambatan listrik
suatu kawat dipengaruhi
oleh hambat jenis kawat,
pan jang kawat, dan
luas penampang kawat.
Atau secara matematis
R = p .
4. Energi listrik dapat diubah menjadi energi
lain, misalnya kipas angin yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi
gerak. Sebaliknya, energi lain dapat dirubah menjadi energi gerak, misalnya
energi kimia pada akumulator (ACCU) dapat diubah menjadi energi listrik
5. Sumber
energi listrik alternatif
diperoleh dari sumber
energi yang melimpah di alam,
misalnya berasal dari energi matahari, energi angin, energi air, bioenergi, dan
nuklir
6. Contoh penggunaan teknologi listrik
misalnya pada Electrocardiograph (ECG),
Electroencephalogram (EEG), pengendap
elektrostatis pada cero bong asap,
sistem pengecatan mobil, dan mesin fotokopi.
7. Penghematan energi listrik dapat dilakukan
dengan mengganti lampu bohlam dengan LED, menerapkan earth hour, dan sebagainya
2.
Materi
Pengayaan
Materi pengayaan bersifat mengembangkan siswa berkaitan
tentang Sumber energi
listrik.
3.
Materi
Remedial.
Konsep sulit yang diprediksikan harus diulang
melalui pembelajaran remidi terdiri dari konsep
·
Hukum
ohm
·
Hambatan
pengganti
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1 (1 JP)
1. Pendahuluan ( 5 menit)
1)
Guru membuka
pelajaran dengan salam dan menyapa peserta didik.
2)
Guru memimpin
berdoa sebelum memulai pelajaran.
3)
Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
4)
Guru
mereview pembelajaran pada pertemuan sebelumnyadengan pertanyaan-pertanyaan:
·
Seperti
apakah atom ber muatan itu?
·
Apa
yang menyebabkann arus listrik mengalir?
5)
Untuk
menarik perhatian peserta didik, guru mendemonstrasikan mengenai listrik dinamis.
Mengamati:
6)
Guru
meminta mengamati demonstrasi contoh peristiwa arus listrik pada
rangkaian sederhana , yang terdiri satu batu batere kabel dan lampu
Menanya:
7) Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya tentang fenomena yang sudah ditampilkan.
8) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dilakukan.
b.
Kegiatan Inti ( 30 menit)
1) Guru membagi peserta didik ke dalam
beberapa kelompok dengan jumlah anggota 4 – 5 anak..
2) Guru membagi LKS kepada masing-masing
kelompok.
3) Guru menginstruksikan kepada peserta didik
untuk membaca LKS tersebut.
Melakukan eksperimen/ mengumpulkan data:
4) Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan sesuai LKS yang telah dibagikan tentang beberapa cara
untuk membuat rangkaian listrik sederhana.
Mengasosiasi:
5) Guru meminta peserta didik melakukan
diskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah pada LKS .
6) Guru mengawasi dan membimbing peserta didik melakukan kegiatan diskusi
untuk membuat kesimpulan sesuai dengan tujuan dan hasil pengamatan.
Mengkomunikasikan:
7) Guru mengintruksikan peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan yang telah dilakukan.
8) Guru mengevaluasi hasil kegiatan peserta
didik dengan tanya jawab untuk menguji kepahaman peserta didik.
c.
Penutup ( 5 menit)
1) Guru membimbing peserta didik membuat
kesimpulan pembelajaran.
2) Guru mengajak peserta didik bersyukur kepada
tuhan . kita dapat menikmati manfaat listrik
3) Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik.
4) Guru memberikan tugas proyek kepada siswa
untuk mencari artikel mengenai arus listrik , beda potensial .
5) Guru menyampaikan materi pada pertemuan
selanjutnya yaitu tentang cara membaca alat pengukur listrik ( ampere
meter ) dan ohm meter.
6) Guru menutup pelajaran dengan salam.
2.
Pertemuan 2 (2
JP)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1. Guru memberi salam kepada
siswa, menanyakan siapa yang tidak hadir pada hari ini.
2. Guru melakukan
apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan
tentang Gaya interaksi antar muatan dan medan
listrik, dengan kelistrikan pada benda-
benda bermuatan yang telah
dibahas pada pertemuan sebelumnya (listrik statis).
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
4. Guru menyampaikan manfaat
materi pembelajaran
5. Guru membagi
peserta didik menjadi 8
kelompok
b. Kegiatan Inti
Langkah-langkah
Model Discovery Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Stimulation (Stimulasi/Pemberi
an rangsangan)
|
- Peserta
didik
diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian peserta didik untuk mengamati pada rangkaian sederhana, hambatan yang
terpasangsecarakai seri dan paralel
cara:
Peserta didik diminta untuk
memperhatikan kuat arus pada ampere meter yang dipasang pada hambatan dengan
rangkaian seri dan paralel.
Peserta didik diminta untuk
membaca besar kuat arus yang mengalir
pada rangkaian seri dan paralel.
|
Problem Statement (Pertanyaan/Identifi kasi masalah)
|
Guru
mengajukan pertanyaan apa yang dilihat dari kegiatan stimulan diatas,
kemudian memberi kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan/merumuskan
masalah :
Apa nama alat pengukur listrik tsb ?
Bagaimana cara menggunakan alat tsb?
Bagaimana
cara menentukan nilai arus listrik yang sedang mengalir pada rangkaian tsb?
|
Data Collection
(Pengumpulan
Data)
|
Guru membagikan lembar kerja
dan alat/bahan yang akan digunakan untuk mengumpulkan data.
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyaan yang telah dirumuskan
dengan melakukan percobaan. Informasi
ini diperoleh melalui kegiatan percobaan:
o
Cara merangkai alat tersebut .
o
Menentukan besar arus yang mengalir.
|
Data Processing
(Pengolahan Data)
|
Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi
untuk mengolah informasi yang diperoleh dengan cara:
-
Mendiskusikan cara pemasangan
alat pengukur listrik dengan benar
-
Mencari tahu cara membaca alat pengukur listrik
-
Mencatat data dalam table data yang ada pada
lembar kerja siswa
|
Verification
(Pembuktian)
|
Peserta didik
membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah dirumuskan dengan cara:
Membandingkan
informasi yang didapat dari percobaan dengan informasi dari berbagai sumber
informasi ( buku siswa atau internet ). Terutama informasi tentang cara
memasang alat pengukur listrik dengan benar dan cara membaca alat tersebut.
Dari pengetahuan
yang diperoleh dapat menyelesaikan
permasalahan cara memasng alat pengukur listrik dengan benar dan mampu
menetukan basar kuat arus yang mengalir dari alat tersebut.
|
Generalization (Menarik kesimpulan)
|
Pada tahap ini peserta didik
menyimpulkan hasil pengumpulan informasi dan diskusi misalnya dengan cara:
Besr kuat arus
yang tertera pada alat tersebut :
I =
Besar kuat
arus pada rangkaian :
I =
|
C. Penutup ( 10 Menit )
1. Peserta didik
dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
2. Guru member tugas kepada
Peserta didik membuat resume
tentang Hk kirchoff untuk
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Guru member informasi materi
pembelajaran yang akan datang.
3.
Pertemuan 3 (2
JP)
a.
Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)
Guru
mengarahkan siswa berdoa untuk memulai pelajaran.
Mengamati:
3)
Guru
meminta peserta didik untuk mengamati rangkaiann sedarhana dari rangkaian seri dan paralel.
Menanya:
4)
Guru
menanyakan mengenai bagaimana cara menentukan hambatan pengganti dari rangkaian
tersebut ?
5)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b.
Kegiatan inti (95
menit)
1)
Guru
membagi peserta didik secara kelompok, dengan jumlah anggota 5 – 6 anak.
Mengumpulkan data:
2)
Guru
mengarahkan peserta didik melakukan pengukur tentang rangkaian listrik seri dan
paralel ketika terjadi rangkaian
tertutup
3)
Guru
mengawasi peserta didik dalam melakukan pengukuran dengan ampere meter atau
volt meter .
4)
Guru
membimbing kelompok yang mengalami kesulitan.
Mengasosiasi:
5)
Secara
berkelompok, peserta didik mengasosiasikan hasi pengukuran trsebut
Mengomunikasikan:
6)
Masing-masing
kelompok mengkomunikasikan LKS masing-masing mengenai beras arus listrik pada
rangkaian seri dan pada rangkaian paralel.
7)
Guru
melakukan umpan balik dari hasil presentasi peserta didik.
8)
Guru
membimbingan menyimpulkan hasil diskusi kelas yaitu arus listrik yang terjadi
pada hambatab yang terpasang seri atau paralel.
9)
Guru
membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap hasil pengukuran
tersebut.
c.
Penutup (15
menit)
10)
Guru
memberi penghargaan untuk kelompok dengan penampilan terbaik.
11)
Guru
mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan karena
Kekuasaan Tuhan yang Maha Besar dapat
mematfatkan listrik untuk penerangan dan manfaat yang lain.
12)
Guru
menyampaikan informasi untuk pertemuan
berikutnya, yaitu tentang pengaruh beda potensial dan hambatan terhadap arus
yang mengalir.
4.
Pertemuan 4 (2
JP)
Ulangan Harian (60 menit)
Mengerjakan
soal uraian sebanyak 25 soal
Pembahasan/Refleksi
(20 menit)
Membahas soal/melakukan refleksi terhadap indikator
pencapaian kompetensi.
Pengayaan dan
Remideal (30 menit)
Analisis Hasil Ulangan Harian, apabila:
a. Tuntas secara
klasikal
Melaksanakan
program pengayaan, sementara peserta
didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
b. Tidak tuntas
secara klasikal
Melaksanakan
program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program
pengayaan.
E. Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a) Teknik
penilaian : Observasi
b) Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
2.
Sikap Sosial
a) Teknik
penilaian : Penilaian antar teman
b) Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian antar teman
3. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian :Tes Praktik, Projek, dan Penilaian
Portofolio
b. Bentuk Instrumen : Check list
2.Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian.
·
JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang
mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok
tersebut.
·
Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang
mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya
terhadap kelompok tersebut.
·
Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang
mendapat nilai di bawah 3,00; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah remedial dilaksanakan kemudian
dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum
tercapai oleh masing-masing peserta didik.
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang
mendapat nilai di atas 3,00 dengan cara diberikan tugas mengkaji penerapan
dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High
Order Thinking Skills) tentang produk-produk bioteknologi modern yang lain.
F.
Media /Alat, Bahan dan Sumber
Belajar
(i). Media/ Alat dan
Bahan
NO.
|
ALAT DAN BAHAN/MEDIA
|
TM KE
|
1
|
1. 6 kabel dengan
penjepit buaya,
2. 1 baterai,
dan
3.
2 lampu bohlam.
Net
book dan LCD Projecktor
|
2
|
2
|
1. 1 lampu
bohlam 12 watt,
2. 6 kabel
dengan penjepit buaya, dan
3.
3 baterai dan dudukkannya.
Net
book dan LCD Projecktor
|
3
|
Sumber Belajar
Untuk siswa
1. Buku
Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs
kelas IX Kemendikbud
2.
Tim
Abdi Guru. 2007. Buku IPA Terpadu untuk SMP Kelas IX Jilid 1. Jakarta:
Erlangga.
Untuk Guru
1.
Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas IX
Kemendikbud
2. Sumber fisikastudycenter.com
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Jatibarang
H.
Sakri, M.Pd
NIP.
|
Jatibarang, Juli 2015
Guru Mapel IPA kelas X
Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
Lampiran 1
INSTRUMEN
PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian (Rubrik Penilaian)
Berdasarkan
pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik
Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan
ketentuan sebagai berikut:
4
= apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3
= apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2
= apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1
= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati
C.
Lembar
Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas
: IX
Semester
: 1
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir
Nilai :
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator/Gejala
Sikap :
Sikap
|
Indikator/Gejala
|
Jumlah butir
|
Mengagumi
keteraturan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik serta
terwujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Berdo’a setiap mengawali dan mengakhiri
pelajaran
2.
Mengucapkan salam setaip bertemu teman
atau guru
|
1
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
|
Jumlah Skor
|
Skor
|
N
|
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
Dst....
|
LAMPIRAN 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN
ANTAR TEMAN)
A.
Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian (Rubrik Penilaian)
Berdasarkan
pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik
Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan
ketentuan sebagai berikut:
4
= apabila memenuhi 4 indikator
3
= apabila memenuhi 3 indikator
2
= apabila memenuhi 2 indikator
1
= apabila memenuhi 1 indikator
C.
Lembar
Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas
: IX
Semester
: 1
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir
Nilai : rasa ingin tahu, kerja sama,
disiplin dan teliti.
Indikator :
Sikap
|
Indikator
|
Rasa ingin tahu
|
1. Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan
pelajaran
|
2. Membaca buku siswa dan sumber lain
|
|
3. Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan
aktif
|
|
4. Melaksanakan tugas dengan baik.
|
|
Kerjasama
|
1.
Menerima pendapat teman
|
2.
Melaksanakan tugas individu
|
|
3.
Membantu tugas teman
|
|
4.
Menghargai pekerjaan teman lain
|
|
Disiplin
|
1. Memakai seragam dengan lengkap
2. Tepat waktu dalam melaksanakan tugas
3. Selalu datang tepat waktu dalam mengikuti pelajaran
4. Selalu membawa buku sesuai jadwal pelajaran
|
Teliti
|
1.
Cermat dalam melakukan percobaan/tugas
2.
Memiliki catatan yang rapi
3.
Menulis data dengan benar
4.
Membuat tabel dengan rapi
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
|
Jumlah Skor
|
Skor Akhir
|
N
|
|
Rasa Ingin tahu
|
Tanggung jawab
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
demikianlah postingan tentang RPP Listrik Dinamis SMP Kelas 9 IPA Kurikulum 2013 (Kurtilas) yang semoga memberikan manfaat. saya hanya sekedar berbagi, jika terdapat kesalahan atau kekeliruan mohon dimaafkan. salam :)
Terimakaasih atas ilmunya. Semoga menjadi amal baik anda ... aamiin
ReplyDeleteterimahkasih
ReplyDelete