Tuesday, March 7, 2017

RPP Listrik Dinamis SMP Kelas 9 IPA Kurikulum 2013 (Kurtilas) Terbaru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-06

Satuan Pendidikan                    : SMP JATIBARANG
Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                            : IX/ satu
Materi Pokok                             : Listrik dinamis
Alokasi Waktu                           : 3  pertemuan ( 7 Jam Pelajaran)
                     
A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaiaan Kompetensi

KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1        Mengagumi kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya dengan keteraturan melalui listrik dinamis.

2
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.1.1        Melakukan Kegiatan eksperiment secara teliti, disiplin, dan rasa igin tahu.






2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.2.1        Melaksanakan  kerjasama dalam eksperiment kelompok.

3
3.6 Mendeskripsikan karakteristik
    rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.



3.6.1      Membedakan karakteristik rangkaian listrik seri dan paralel.
3.6.2     Menghitung besar arus listrik dalam suatu kawat penghantar.
3.6.3     Menghitung besar energi listrik.
3.6.4     Menghitung besar daya listrik.
3.6.5      Menghitung biaya listrik bulanan rumah tangga.
3.6.6     Menyebutkan contoh sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.7     Menjelaskan prinsip kerja sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.8     Menyebutkan  zat  kimia  yang  terkandung  dalam  tanaman  sebagai sumber bioenergi.
3.6.9     Menyebutkan upaya-upaya penghematan listrik.
3.6.10  Menyebutkan penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
3.6.11    Menyebutkan upaya pencegahan bahaya penggunaan listrik  dalam kehidupan.

4
4.5  Melakukan
penyelidikan untuk menemukan karakteristik
rangkaian listrik, serta hubungan energi
listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
4.5.1 Merangkai percobaan rangkaian sederhana  
4.5.2 Merangkai percobaan  Hk ohm.
4.4.2 Merangkai percobaan  Hk  kirchoff
4.4.3 Membuat laporan percobaan  Hk ohm


C.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Reguler  
1.      Arus  listrik  mengalir  karena  adanya  perbedaan  potensial  listrik,  atau secara matematis   I =
2.      Rangkaian  listrik  terdiri  2  jenis,  yaitu  rangkaian  seri  dan  rangkaian paralel.
3.      h.  Besar  hambatan  listrik  suatu  kawat  dipengaruhi  oleh  hambat  jenis kawat,  pan jang  kawat,  dan  luas  penampang  kawat.  Atau  secara matematis
R = p .
4.      Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain, misalnya kipas angin yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Sebaliknya, energi lain dapat dirubah menjadi energi gerak, misalnya energi kimia pada akumulator (ACCU) dapat diubah menjadi energi listrik
5.      Sumber  energi  listrik  alternatif  diperoleh  dari  sumber  energi  yang melimpah di alam, misalnya berasal dari energi matahari, energi angin, energi air, bioenergi, dan nuklir
6.      Contoh penggunaan teknologi listrik misalnya pada Electrocardiograph (ECG),  Electroencephalogram  (EEG),  pengendap  elektrostatis  pada cero bong asap, sistem pengecatan mobil, dan mesin fotokopi.
7.       Penghematan energi listrik dapat dilakukan dengan mengganti lampu bohlam dengan LED, menerapkan earth hour, dan sebagainya

2.      Materi Pengayaan
Materi pengayaan bersifat mengembangkan siswa berkaitan tentang Sumber energi
 listrik.
3.      Materi Remedial.
Konsep sulit yang diprediksikan harus diulang melalui pembelajaran remidi terdiri dari konsep
·         Hukum ohm
·         Hambatan pengganti

D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1 (1 JP)
1.      Pendahuluan ( 5 menit)
1)        Guru membuka pelajaran dengan salam dan menyapa peserta didik.
2)        Guru memimpin berdoa sebelum memulai pelajaran.
3)        Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4)        Guru mereview pembelajaran pada pertemuan sebelumnyadengan pertanyaan-pertanyaan:
·         Seperti apakah  atom ber muatan itu?
·         Apa yang menyebabkann arus listrik  mengalir?
5)        Untuk menarik perhatian peserta didik, guru mendemonstrasikan mengenai listrik dinamis.
Mengamati:
6)        Guru meminta mengamati demonstrasi contoh peristiwa arus listrik pada rangkaian sederhana , yang terdiri satu batu batere kabel dan lampu
Menanya:
7)      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang fenomena yang sudah ditampilkan.
8)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.

b.      Kegiatan Inti ( 30 menit)
1)      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok dengan jumlah anggota 4 – 5 anak..
2)      Guru membagi LKS kepada masing-masing kelompok.
3)      Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk membaca LKS tersebut.
Melakukan eksperimen/ mengumpulkan data:
4)      Guru membimbing  peserta didik melakukan kegiatan sesuai LKS  yang telah dibagikan tentang beberapa cara untuk membuat rangkaian listrik sederhana.
Mengasosiasi:
5)   Guru meminta peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah pada LKS .
6)   Guru mengawasi dan membimbing  peserta didik melakukan kegiatan diskusi untuk membuat kesimpulan sesuai dengan tujuan dan hasil pengamatan.
Mengkomunikasikan:
7)   Guru mengintruksikan peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan yang telah dilakukan.
8)   Guru mengevaluasi hasil kegiatan peserta didik dengan tanya jawab untuk menguji kepahaman peserta didik.

c.       Penutup ( 5 menit)
1)   Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan pembelajaran.
2)   Guru mengajak peserta didik bersyukur kepada tuhan . kita dapat menikmati manfaat  listrik
3)   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
4)   Guru memberikan tugas proyek kepada siswa untuk mencari artikel mengenai arus listrik , beda potensial .
5)   Guru menyampaikan materi pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang cara membaca alat pengukur listrik ( ampere meter ) dan ohm meter.
6)   Guru menutup pelajaran dengan salam.

2.           Pertemuan 2 (2 JP)
         a. Pendahuluan ( 10 menit )
1. Guru memberi  salam kepada siswa, menanyakan siapa yang tidak hadir pada hari ini.
2. Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan 
    tentang  Gaya interaksi antar muatan dan medan listrik, dengan kelistrikan pada benda-
    benda bermuatan yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya (listrik statis).
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
4. Guru   menyampaikan   manfaat   materi pembelajaran
   5. Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok
 b. Kegiatan Inti
Langkah-langkah Model Discovery Learning

Deskripsi Kegiatan
Stimulation (Stimulasi/Pemberi an rangsangan)
-  Pesert didi diber motivas atau rangsangan untuk memusatkan perhatian peserta didik untuk mengamati pada rangkaian sederhana, hambatan yang terpasangsecarakai seri dan paralel cara:
Peserta didik diminta untuk memperhatikan kuat arus pada ampere meter yang dipasang pada hambatan dengan rangkaian seri  dan paralel.
Peserta didik diminta untuk membaca besar kuat arus yang mengalir  pada rangkaian seri dan paralel.

Problem Statement (Pertanyaan/Identifi kasi masalah)
Guru mengajukan pertanyaan apa yang dilihat dari kegiatan stimulan diatas, kemudian memberi kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan/merumuskan masalah :
Apa nama alat pengukur listrik tsb ?
Bagaimana cara  menggunakan alat tsb?
Bagaimana cara menentukan nilai arus listrik yang sedang mengalir pada rangkaian tsb?

Data          Collection
(Pengumpulan
Data)
Guru membagikan lembar kerja dan alat/bahan yang akan digunakan untuk mengumpulkan data.
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan  untuk menjawab pertanyaan yang telah  dirumuskan dengan melakukan percobaan. Informasi   ini diperoleh melalui kegiatan percobaan:
o   Cara merangkai alat tersebut .
o   Menentukan besar arus yang mengalir.

Data        Processing
(Pengolahan Data)
Peserta   didik   dalam   kelompoknya  berdiskusi  untuk mengolah informasi yang diperoleh dengan cara:
-    Mendiskusikan cara pemasangan alat pengukur listrik dengan benar
-    Mencari tahu cara membaca alat pengukur listrik
-    Mencatat data dalam table data yang ada pada lembar kerja siswa

Verification
(Pembuktian)
Peserta didik membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah dirumuskan dengan cara:

Membandingkan informasi yang didapat dari percobaan dengan informasi dari berbagai sumber informasi ( buku siswa atau internet ). Terutama informasi tentang cara memasang alat pengukur listrik dengan benar dan cara membaca alat tersebut.
Dari pengetahuan yang diperoleh dapat menyelesaikan permasalahan cara memasng alat pengukur listrik dengan benar dan mampu menetukan basar kuat arus yang mengalir dari alat tersebut.

Generalization (Menarik kesimpulan)
Pada tahap ini peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan informasi dan diskusi misalnya dengan cara:
Besr kuat arus yang tertera pada alat tersebut :

I =  sakal jarum

Besar kuat arus pada rangkaian :

I =

C. Penutup ( 10 Menit )
1. Peserta   didik   dan   guru   mereview   hasil kegiatan pembelajaran.
2. Guru member tugas kepada Peserta didik membuat resume  tentang   Hk kirchoff untuk  
    dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Guru member informasi materi pembelajaran yang akan datang.

3.      Pertemuan 3 (2 JP)
a.      Pendahuluan  (10 menit )
1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)   Guru mengarahkan siswa berdoa untuk memulai pelajaran.
Mengamati:
3)   Guru meminta peserta didik untuk mengamati rangkaiann sedarhana  dari rangkaian seri dan paralel.
Menanya:
4)   Guru menanyakan mengenai bagaimana cara menentukan hambatan pengganti dari rangkaian tersebut ?
5)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

b.      Kegiatan inti (95 menit)
1)      Guru membagi peserta didik secara kelompok, dengan jumlah anggota 5 – 6 anak.
            Mengumpulkan data:
2)   Guru mengarahkan peserta didik melakukan pengukur tentang rangkaian listrik seri dan paralel ketika  terjadi rangkaian tertutup
3)   Guru mengawasi peserta didik dalam melakukan pengukuran dengan ampere meter atau volt meter .
4)   Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan.
            Mengasosiasi:
5)   Secara berkelompok, peserta didik mengasosiasikan hasi pengukuran trsebut
Mengomunikasikan:
6)   Masing-masing kelompok mengkomunikasikan LKS masing-masing mengenai beras arus listrik pada rangkaian seri dan pada rangkaian paralel.
7)   Guru melakukan umpan balik dari hasil presentasi peserta didik.
8)   Guru membimbingan menyimpulkan hasil diskusi kelas yaitu arus listrik yang terjadi pada hambatab yang terpasang seri atau paralel.
9)   Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap hasil pengukuran tersebut.

c.       Penutup (15 menit)
10)     Guru memberi penghargaan untuk kelompok dengan penampilan terbaik.
11)     Guru mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan karena Kekuasaan Tuhan  yang Maha Besar dapat mematfatkan listrik untuk penerangan dan manfaat yang lain.
12)     Guru menyampaikan  informasi untuk pertemuan berikutnya, yaitu tentang pengaruh beda potensial dan hambatan terhadap arus yang mengalir.

4.      Pertemuan 4 (2 JP)
Ulangan Harian (60 menit)
Mengerjakan soal uraian sebanyak 25 soal
Pembahasan/Refleksi (20 menit)
Membahas soal/melakukan refleksi terhadap indikator pencapaian kompetensi.
Pengayaan dan Remideal (30 menit)

Analisis Hasil Ulangan Harian, apabila:
a.      Tuntas secara klasikal
Melaksanakan program  pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
b.      Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.

E.     Penilaian
1.    Sikap Spiritual
a)    Teknik penilaian     : Observasi
b)   Bentuk Instrumen   : Lembar observasi
2.    Sikap Sosial
a)    Teknik penilaian     : Penilaian antar teman
b)   Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian antar teman
3. Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian   : Tes Tulis
b.      Bentuk Instrumen            : Uraian
4.  Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian   :Tes Praktik, Projek, dan Penilaian Portofolio
                           b.     Bentuk Instrumen            : Check list

      2.Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
·         JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 3,00 dengan cara diberikan tugas mengkaji penerapan dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High Order Thinking Skills) tentang produk-produk bioteknologi modern yang lain.

F.     Media /Alat, Bahan dan Sumber Belajar
(i). Media/ Alat dan Bahan
NO.
ALAT  DAN BAHAN/MEDIA
TM KE
1
1. 6 kabel dengan penjepit buaya,
2. 1 baterai, dan
3. 2 lampu bohlam.
Net book dan LCD Projecktor
2
2
1. 1 lampu bohlam 12 watt,
2. 6 kabel dengan penjepit buaya, dan
3. 3 baterai dan dudukkannya.
Net book dan LCD Projecktor
3

 Sumber Belajar
Untuk siswa
1.     Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs  kelas IX Kemendikbud
2.     Tim Abdi Guru. 2007. Buku IPA Terpadu untuk SMP Kelas IX Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Untuk Guru
1.     Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs  kelas IX Kemendikbud
2.      Sumber fisikastudycenter.com

Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Jatibarang

H.    Sakri, M.Pd
NIP. 
Jatibarang, Juli 2015
Guru Mapel IPA kelas X

        Amalia Ratnasari, S.Pd
        NIP. -



Lampiran 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.    Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian (Rubrik Penilaian)

Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                           : IX
Semester                      : 1
Tahun Pelajaran                       : 2015/2016
Periode Pengamatan     : Tanggal … s.d. ...

Butir Nilai               :
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

Indikator/Gejala Sikap        :
Sikap
Indikator/Gejala
Jumlah butir
Mengagumi keteraturan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik serta terwujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.     Berdo’a setiap mengawali dan mengakhiri pelajaran
2.     Mengucapkan salam setaip bertemu teman atau guru
1



No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap
Jumlah Skor
Skor
N
Indikator 1
Indikator 2
1






2






3
 Dst....





           
LAMPIRAN 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN)
A. Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian (Rubrik Penilaian)
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila memenuhi 4 indikator
3 = apabila memenuhi 3 indikator
2 = apabila memenuhi 2 indikator
1 = apabila memenuhi 1 indikator

C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                           : IX
Semester                      : 1
Tahun Pelajaran                       : 2015/2016
Periode Pengamatan     : Tanggal … s.d. ...

Butir Nilai       : rasa ingin tahu, kerja sama, disiplin dan teliti.
Indikator         :
Sikap
Indikator
Rasa ingin tahu
1. Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pelajaran
2. Membaca buku siswa dan sumber lain
3. Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan aktif
4. Melaksanakan tugas dengan baik.
Kerjasama
1. Menerima pendapat teman
2. Melaksanakan tugas individu
3. Membantu tugas teman
4. Menghargai pekerjaan teman lain
Disiplin
1. Memakai seragam dengan lengkap
2. Tepat waktu dalam melaksanakan tugas
3. Selalu datang tepat waktu dalam mengikuti pelajaran
4. Selalu membawa buku sesuai jadwal pelajaran
Teliti
1. Cermat dalam melakukan percobaan/tugas
2. Memiliki catatan yang rapi
3. Menulis data dengan benar
4. Membuat tabel dengan rapi

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap
Jumlah Skor
Skor Akhir
N
Rasa Ingin tahu
Tanggung jawab
1






2






3







demikianlah postingan tentang RPP Listrik Dinamis SMP Kelas 9 IPA Kurikulum 2013 (Kurtilas) yang semoga memberikan manfaat. saya hanya sekedar berbagi, jika terdapat kesalahan atau kekeliruan mohon dimaafkan. salam :)

2 comments:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.