Saturday, March 11, 2017

RPP IPA Kelas 8 Semester 2 Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan Bumi Kurtilas Terbaru 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 5 : Sistem Tata Surya dan Kehidupan Bumi)

Sekolah                        : SMP PANCASILA  
Mata pelajaran           : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM)
Kelas/Semester           : VIII/2
Alokasi Waktu             : 13 JP

A. Kompetensi Inti (KI)
KI.1      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin ,tanggung jawab,peduli(toleransi,gotong   
              royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif, denganlingkungan social               
              dan  alam   dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)  
              berdasarkan ras   ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait  
              fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, 
              merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
              meghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yangdipelajari di sekolah dan
              sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. KD pada KI-2
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana & bertanggung jawab dlm aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3. KD pada KI-3
3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan,planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi.
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4. KD pada KI-4
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
3.13.1 Mendeskripsikan struktur bumi
3.13.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur bumi dengan bencana yang ada di alam
3.13.3 Mendeskripsikan tindakan untuk mengurangi dampak dari terjadinya bencana alam
3.13.4 Mendeskripsikan karakteristik matahari sebagai pusat tata surya
3.13.5 Mendeskripsikan pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.13.6 Mendeskripsikan karakteristik planet-planet penyusun tata surya
3.13.7 Mendeskripsikan karakteristik berbagai benda angkasa selain planet
3.13.8 Menjelaskan keterkaitan antara jarak planet ke matahari dengan periode rotasi dan periode revolusinya
3.14.1 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari
3.14.2 Mendeskripsikan peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan sebagai akibat gerakan bumi dan bulan terhadap matahari
3.14.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi
3.14.4 Mendeskripsikan berbagai peristiwa yang diakibatkan oleh rotasi dan revolusi bumi
4. Indikator KD pada KI-4
4.12.1 Menjelaskan fakta yang mendukung ketidak mungkinan berlangsungnya kehidupan di planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
4.12.2 Menjelaskan isi dari hukum Keppler 1, 2, dan 3
4.12.3 Menjelaskan dampak radiasi sinar ultraviolet bagi kehidupan di bumi
4.12.4 Menggambarkan sketsa terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan
4.12.5 Menjelaskan alasan tumbuhan tidak dapat tumbuh subur di daerah kutub

D. Materi Pembelajaran
     1. Materi Reguler
1. Lapisan bumi terdiri dari inti, selimut, dan kerak.
2. Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi. Terjadinya perubahan energi panas yang menyebabkan pergolakan inti bumi menjadi energi kinetik yang mampu menekan dan menggerakkan lempeng-lempeng bumi.
3. Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan keluarya material gunung api yang berupa gas, debu, aliran lava, dan fragmen batuan.
4. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari terjadinya letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan 1) mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku, 2) mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi, 3) melakukan perencanaan evakuasi, serta 4) selalu menyimpan nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat.
5. Komponen tata surya terdiri dari matahari, Merkurius, Venus, bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, komet, asteoroid, satelit, dan planet-planet kerdil.
6. Kemiringan sudut bumi saat berotasi dan paparan radiasi matahari mengakibatkan terjadinya variasi musim di berbagai belahan bumi.

2.Materi Pengayaan
Pemanasan Global rangsang letusan gunung Api

3.Materi Perbaikan / Remidial
Hukum  kepler

E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 ( 2 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik, “saat ini di planet apakah kita hidup?”. Kemudian guru mengajukan pertanyaan kembali, “pernahkah kalian berpikir tentang, bagaimanakah bentuk bagian dalam bumi?, apakah di bagian
dalam bumi juga tersusun atas tanah seperti di permukaan bumi?”
2. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran yang tertera pada kegiatan ‘Ayo Kita Pelajari’.
3. Guru menyampaikan nilai-nilai yang diperoleh setelah mempelajari bab XI ini yang tertera pada ‘Mengapa Penting?’, yang menyatakan bahwa untuk mengurangi resiko bencana alam pada makhluk hidup, kita perlu mengetahui struktur bumi, fenomena gempa bumi dan gunung api.”
4. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan hari ini adalah mendiskusikan tentang struktur penyusun lapisan bumi pergerakan lempeng bumi pada “Ayo Kita Diskusikan”



Inti
1. Guru menayangkan Gambar 11.2 dan Gambar 11.3 yang ada pada Buku Siswa dan mengajak siswa mendiskusikan sturktur bumi dengan melakukan tanya jawab. Penjelasan materi tentang gambar tersebut ada pada buku siswa.
2. Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan proses terjadinya gempa bumi pada kegiatan “Ayo Kita Diskusikan”.
3. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian dan guru memberikan penguatan terhadap materi yang dibahas.

Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan struktur Bumi dan fenomena gemp bumi.
2. Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan berikutnya untuk membuat gunung berapi tiruan dan mempelajari materi berikutnya pada Buku Siswa.

Pertemuan kedua (3 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan: Apa yang terjadi jika gunung meletus? Apa dampak gunung meletus pada lingkungan? Bagaimana peristiwa terjadinya gunung meletus?
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan praktek membuat tiruan gunung berapi seperti pada kegiatan “Ayo Kita Coba”.
Inti
1. Peserta didik membentuk kelompok dan mempelajari “ayo kita coba” yang berjudul erupsi.
2. Guru membimbing peserta didik untuk membuat miniatur gunung berapi.
3. Peserta didik melakukan percobaan membuat miniatur gunung berapi dan melakukan simulai proses terjadinya gunung meletus.
4. Peserta didik mencatat proses terjadinya gunung meletus dan membuat deskripsi proses terjadinya gunung meletus dan dampaknya bagi lingkungan.
5. Peserta didik menunjukan hasil karyanya di depan kelas sambil menjelaskan proses terjadinya gunung meletus dan dampaknya bagi lingkungan.
6. Guru memberikan penguatan materi dan memberikan penghargaan bagi kelompok peserta didik yang menunjukkan karya terbaik.
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pengaruh struktur Bumi terhadap gunung api, serta tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi bencana.
• Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan keluarya material gunung api yang berupa gas, debu, aliran lava, dan fragmen batuan.
• Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari terjadinya letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan
1) mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku, 2) mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi, 3) melakukan perencanaan evakuasi, serta 4) selalu menyimpan nomor-nomor
telepon lembaga tanggap darurat.
2. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya.

Pertemuan ke 3 (2 JP)
Pendahuluan
1. Pada awal bagian ini guru memberi apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “Pernahkah kalian memandang langit malam yang dipenuhi bintang-bintang? Jika matahari adalah bintang terdekat dari Bumi, dimanakah letak bintang-bintang yang kalian lihat itu? Seberapa jauh jaraknya dari bumi? Berapa banyak bintang dan planet yang ada di jagad raya ini? Seberapa luas jagad raya ini?”
2. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran yang tertera pada kegiatan ‘Apa yang akan dipelajari?’ Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bagian ini yang tertera pada ‘Mengapa hal ini penting?’, yaitu Untuk mengetahui
karakteristik benda langit dan pengaruhnya terhadap kehidupan di Bumi.
3. Guru menyampaikan kepada siswa, bahwa kegiatan pembelajaran pada pertemuan hari ini antara lain, membuat model orbit satelit yang tertera pada bagian ‘Ayo Kita Coba’, mendiskusikan pertanyaan pada bagian ‘Ayo Kita Selesaikan’, Mencari informasi tentang planet-planet penyusun
tata surya pada bagian ‘Ayo Kita Lakukan’.
Inti
1. Secara berkelompok membuat membuat model orbit satelit yang tertera pada kolom ‘Ayo Kita Coba’.
Orbit Planet
Apa yang akan kamu coba?
1. Memodelkan orbit planet
2. Menghitung eksentrisitas orbit (elips)

Apa yang harus kamu persiapkan?
1. 2 pushpin
2. Kertas tebal (23 cm x 30 cm)
3. Kertas (21.5 cm x 28 cm)
4. Penggraris 30 cm
5. Tali 25 cm
6. Pensil
Apa yang harus kamu lakukan?
1. Letakkan kertas diatas alas kertas tebal dan tancapkan kedua push pin dengan jarak 3 cm
2. Bentuk tali menjadi lingkaran dengan berdiameter 15 – 20 cm. Pasangkan tali tersebut pada kedua push pin. Masukkan pensil kedalam rangkaian alat tersebut seperti pada gambar dibawah ini!
3. Gerakkan pensil melingkari kertas hingga tampak sketsa elips, usahakan tali tetap dalam kondisi teregang.
4. Ulangi langkah 1, 2, dan 3 hingga 3 kali dengan variasi dimeter tali. Buat tabel data hasil pengamatan.
5. Orbit planet biasanya dideskripsikan dnegan menggunakan symbol e untuk eksentrisiti, d untuk jarak antar push pin (foci), dan l untuk garis tengah elips.

2. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok menjawab pertanyaan pada ‘Ayo Kita Selesaikan’.
3. Guru menyarankan pada peserta didik untuk mempelajari buku siswa bagian Karakteristik Tata Surya
4. Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi tentang planetplanet penyusun tata surya pada bagian ‘Ayo Kita Lakukan’.
Tantangan! Masih ingatkah kamu dengan gaya gravitasi? Tidak hanya Bumi yang memiliki gaya gravitasi, tetapi semua benda langit. Jelaskan peran gravitasi terhadap gerak planet-planet?
Alternatif Jawaban
Gaya gravitasi adalah gaya tarik ke arah pusat benda. Salah satu benda langit yang memiliki gaya gravitasi adalah Bumi. Akibat dari adanya gaya gravitasi ini apabila kita melemparkan benda ke arah atas benda tersebut akan jatuh ke tanah. Peran gravitasi ini terhadap gerak planetplanet adalah menyebabkan planet-planet dapat bergerak mengelilingi matahari dengan orbit yang tetap.
6. Hitung dan rekam data eksentrisity elips yang kalian buat.
7. Cari tahu eksentrisitas orbit palanet yang sebenarnya, bandingkan dengan eksentrisitas elips yang kalian buat!
Apa yang dapat kamu simpulkan?
1. Analisis efek yang ditimbulkan saat kalian merubah diameter tali! “Semakin besar diameter tali, maka akan semakin elips orbit yang dibuat”.
2. Buat hipotesis tentang apa yang harus dilakukan pada tali atau letak foci agar besar eksentrisitas elips dapat diturunkan! “Diameter tali dikecilkan dan Letak foci diperlebar”
3. Deskripsikan bentuk orbit Bumi! Dimana letak Matahari?



Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. Komponen tata surya terdiri dari matahari, Merkurius, Venus, bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, komet, asteoroid, satelit, dan planet-planet kerdil”.
2. Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya.

Pertemuan ke 4 (3 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Pernahkah kalian mengamati pergerakan bulan di malam hari? Mengapa wajah bulan selalu berubah dari hari ke hari? Apakah gerak bulan sama seperti gerak matahari? Bagaimana pengaruh gerak bulan dan matahari terhadap bumi?”
1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang planet-planet yang ada di
Tata Surya, kemudian isilah tabel dibawah ini!
2. Urutkan planet-planet tersebut dari yang ukurannya terkecil hingga terbesar!
3. Apa yang menjadikan planet Merkurius, Venus, Bumi dan Mars sebagai planet dalam, sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus sebagai planet luar?
4. Buat tulisan tentang ekspedisi yang pernah dilakukan ilmuwan (astronom) untuk meneliti benda-benda langit khususnya planet!
2. Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan ini ada tiga, yaitu mendiskusikan gerak planet pada orbit tata surya, membuat model perbandingan jarak komponen tata surya, mengamati berbagai fase bulan.
Inti
1. Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan materi gerak planet pada orbit tata surya.
2. Guru membimbing peserta didik untuk membuat model perbandingan jarak komponen tata surya pada bagian ‘Ayo Kita Lakukan'.
Model Perbandingan Jarak Komponen Tata Surya
Jarak antara matahari dan planet-planet pada sistem tata surya sangat Jauh. Agar lebih mudah memahami perbandingan jarak antar komponen tata surya, ayo kita coba mendesain dan membuat model yang dapat mempresentasikan jarak pada sistem tata surya!
Apa yang kamu lakukan?
Membuat model jarak komponen tata surya dengan skala yang sebenarnya
Apa yang harus kamu persiapkan?
1. Meter stik (alat ukur panjang)
2. Gunting
3. Pensil
4. Benang
5. Kertas notebook
Apa yang harus kamu lakukan?
1. Menuliskan langkah kerja untuk membuat model perbandingan jarak komponen tata surya
2. Menuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi model perbandingan jarak komponen tata surya
3. Mendeskripsikan perhitungan jarak yang akan digunakan sebagai skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata surya
4. Membuat tabel skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata surya
5. Menuliskan sebuah deskripsi cara pembuatan model perbandingan jarak komponen tata surya.
6. Menjelaskan cara kerja model perbandingan jarak komponen tata surya.
3. Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’ mendiskusikan fase Bulan sesuai langkah-langkah yang ada di buku siswa.
Tabel Hasil Pengamatan Fase Bulan
Fase Terjadi Pada Tanggal Keterangan
Bulan baru (New Moon) Pada fase ini bulan bersinar paling terang karena seluruh permukaan bulan yang menghadap Ke bumi mendapat cahaya Matahari.
Bulan Sabit Pertama (Waxing Crescent)
Kuartir Pertama (First Quarter)
Bulan Purnama (Full Moon)
Kuartir Ketiga (Third Quarter)
Uji coba karya
1. Membandingkan skala jarak yang dibuat dengan siswa lainnya. Mendiskusikan jika terjadi perbedaan skala perbandingan untuk model perbandingan jarak komponen tata surya.
2. Mengkonsultasikan kepada guru sebelum mulai merangkai model perbandingan jarak komponen tata surya
Apa yang dapat kamu diskusikan?
Jelaskan cara menentukan skala perbandingan jarak antar komponen tata surya!
1. Apakah ada kemungkinan skala yang kalian buat itu salah? Jelaskan!
2. Berapa panjang benang yang kalian butuhkan jika membuat model perbandingan jarak komponen tata surya model perbandingan jarak komponen tata surya dengan skala 1 SA = 2 m?
3. Jika jarak bintang terdekat dengan matahari, Proxima Centauri, sekitar 270 000 SA dari matahari, tentukan letak bintang pada model perbandingan jarak komponen tata surya!
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. “Gerak bulan terhadap bumi mengakibatkan perubahan fase bulan setiaphari, hal ini yang menjadi dasar penanggalan komariyah atau kalender orang muslim (tahun hijriyah)”
2. Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya.

Pertemuan ke 5 (2 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dibahas. “Mengapa musim panas di belahan bumi utara tidak bersamaan dengan musim panas di belahan bumi selatan? Apa yang dimasud dengan musim? Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi perbedaan musim di berbagi belaham bumi? Bagaimana dampak perubahan musim bagi kehidupan yang ada di bumi?”
2. Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini ada dua, yaitu mendiskusikan rotasi, revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya dan mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi
bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
Inti
1. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan materi mendiskusikan rotasi, revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya. Guru menyarankan kepada peserta didik untuk mempelajari buku siswa pada bagian Rotasi, Revolusi Bumi dan Peristiwanya.
2. Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS) pada bagian ‘Ayo Kita Selesaikan’.
Bacalah teks Perubahan Musim dan Dampaknya bagi Kehidupan di Bumi. Selesaiakan tabel di bawah ini
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. “Ada beberapa peristiwa yang diakibatkan rotasi dan revolusi bumi diantaranya yaitu: a) gerak semu harian matahari, b) pergantian siang dan malam, c) perbedaan waktu berbagai tempat dimuka bumi, d) perbedaan
percepatan gravitasi di permukaan bumi, e) fotoperiode.”.
2. Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya.

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Jenis/teknik penilaian: tes tulis, pengamatan sikap, dan unjuk kerja
2. Bentuk instrumen dan instrumen: lembar tes tulis berbentuk essay yang tertera pada buku siswa dan lembar pengamatan untuk sikap dan keterampilan seperti yang tertera buku guru bagian penilaian.
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.Pengayaan ( Pemanansan Global)


G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
1.      Media
a.      Gambar-gambar terkait dengan materi
2.      Alat/Bahan
a.      Model tata surya
3.      Sumber Belajar
b.      Lingkungan sekitar
c.       Buku  IPA SMP/MTs kelas VIII, Kemdikbud, 2013 
d.      Internet

Jatibarang, Januari  2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                     Guru Mapel


itulah postingan RPP IPA Kelas 8 Semester 2 Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan Bumi Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat




No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.