RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 5 : Sistem Tata Surya dan Kehidupan Bumi)
Sekolah : SMP PANCASILA
Mata pelajaran : IPA (ILMU
PENGETAHUAN ALAM)
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 13 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin ,tanggung jawab,peduli(toleransi,gotong
royong), santun,
percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif, denganlingkungan social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan ras ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
meghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yangdipelajari di sekolah dan
sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1. KD
pada KI-1
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. KD
pada KI-2
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana & bertanggung jawab dlm aktivitas
sehari-hari
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3. KD
pada KI-3
3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan,planet,
benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan
gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi.
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari
serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan
gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4. KD pada KI-4
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi
tentang karakteristik komponen tata surya
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
3.13.1
Mendeskripsikan struktur bumi
3.13.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur bumi dengan bencana
yang ada di alam
3.13.3 Mendeskripsikan tindakan untuk mengurangi dampak dari
terjadinya bencana alam
3.13.4 Mendeskripsikan karakteristik matahari sebagai pusat tata
surya
3.13.5 Mendeskripsikan pengaruh radiasi matahari terhadap
kehidupan di bumi
3.13.6 Mendeskripsikan karakteristik planet-planet penyusun tata
surya
3.13.7 Mendeskripsikan karakteristik berbagai benda angkasa selain
planet
3.13.8 Menjelaskan keterkaitan antara jarak planet ke matahari
dengan periode rotasi dan periode revolusinya
3.14.1
Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari
3.14.2
Mendeskripsikan peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan sebagai akibat
gerakan bumi dan bulan terhadap matahari
3.14.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi
3.14.4
Mendeskripsikan berbagai peristiwa yang diakibatkan oleh rotasi dan revolusi
bumi
4. Indikator KD pada KI-4
4.12.1
Menjelaskan fakta yang mendukung ketidak mungkinan berlangsungnya kehidupan di
planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
4.12.2
Menjelaskan isi dari hukum Keppler 1, 2, dan 3
4.12.3
Menjelaskan dampak radiasi sinar ultraviolet bagi kehidupan di bumi
4.12.4
Menggambarkan sketsa terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan
4.12.5 Menjelaskan alasan tumbuhan
tidak dapat tumbuh subur di daerah kutub
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Reguler
1. Lapisan bumi terdiri dari inti, selimut, dan kerak.
2. Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan
energi dari dalam bumi. Terjadinya perubahan energi panas yang menyebabkan pergolakan
inti bumi menjadi energi kinetik yang mampu menekan dan menggerakkan
lempeng-lempeng bumi.
3. Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan keluarya material
gunung api yang berupa gas, debu, aliran lava, dan fragmen batuan.
4. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari
terjadinya letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan 1) mencari tahu
sistem pengamanan yang berlaku, 2) mewaspadai bahaya yang menyertai letusan
gunung berapi, 3) melakukan perencanaan evakuasi, serta 4) selalu menyimpan
nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat.
5. Komponen tata surya terdiri dari matahari, Merkurius, Venus,
bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, komet, asteoroid, satelit, dan
planet-planet kerdil.
6. Kemiringan sudut bumi saat berotasi dan paparan radiasi
matahari mengakibatkan terjadinya variasi musim di berbagai belahan bumi.
2.Materi Pengayaan
Pemanasan Global rangsang letusan gunung Api
3.Materi Perbaikan / Remidial
Hukum kepler
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 2 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan
memberikan pertanyaan kepada peserta didik, “saat ini di planet apakah kita
hidup?”. Kemudian guru mengajukan pertanyaan kembali, “pernahkah kalian
berpikir tentang, bagaimanakah bentuk bagian dalam bumi?, apakah di bagian
dalam bumi juga tersusun atas tanah seperti di
permukaan bumi?”
2. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan
pembelajaran yang tertera pada kegiatan ‘Ayo Kita Pelajari’.
3. Guru menyampaikan nilai-nilai yang diperoleh
setelah mempelajari bab XI ini yang tertera pada ‘Mengapa Penting?’, yang
menyatakan bahwa untuk mengurangi resiko bencana alam pada makhluk hidup, kita
perlu mengetahui struktur bumi, fenomena gempa bumi dan gunung api.”
4. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan
pada pertemuan hari ini adalah mendiskusikan tentang struktur penyusun lapisan
bumi pergerakan lempeng bumi pada “Ayo Kita Diskusikan”
Inti
1. Guru menayangkan Gambar 11.2 dan Gambar 11.3 yang
ada pada Buku Siswa dan mengajak siswa mendiskusikan sturktur bumi dengan melakukan
tanya jawab. Penjelasan materi tentang gambar tersebut ada pada buku siswa.
2. Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan
proses terjadinya gempa bumi pada kegiatan “Ayo Kita Diskusikan”.
3. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara
bergantian dan guru memberikan penguatan terhadap materi yang dibahas.
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
struktur Bumi dan fenomena gemp bumi.
2. Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk
kegiatan berikutnya untuk membuat gunung berapi tiruan dan mempelajari materi berikutnya
pada Buku Siswa.
Pertemuan kedua (3 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan: Apa yang terjadi jika gunung meletus? Apa dampak gunung meletus
pada lingkungan? Bagaimana peristiwa terjadinya gunung meletus?
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan
yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan praktek membuat tiruan gunung
berapi seperti pada kegiatan “Ayo Kita Coba”.
Inti
1. Peserta didik membentuk kelompok dan mempelajari
“ayo kita coba” yang berjudul erupsi.
2. Guru membimbing peserta didik untuk membuat
miniatur gunung berapi.
3. Peserta didik melakukan percobaan membuat miniatur
gunung berapi dan melakukan simulai proses terjadinya gunung meletus.
4. Peserta didik mencatat proses terjadinya gunung
meletus dan membuat deskripsi proses terjadinya gunung meletus dan dampaknya
bagi lingkungan.
5. Peserta didik menunjukan hasil karyanya di depan
kelas sambil menjelaskan proses terjadinya gunung meletus dan dampaknya bagi lingkungan.
6. Guru memberikan penguatan materi dan memberikan
penghargaan bagi kelompok peserta didik yang menunjukkan karya terbaik.
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk membuat
kesimpulan tentang pengaruh struktur Bumi terhadap gunung api, serta tindakan
yang dapat dilakukan untuk mengurangi bencana.
• Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan keluarya
material gunung api yang berupa gas, debu, aliran lava, dan fragmen batuan.
• Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi
dampak dari terjadinya letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan
1) mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku, 2)
mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi, 3) melakukan perencanaan
evakuasi, serta 4) selalu menyimpan nomor-nomor
telepon lembaga tanggap darurat.
2. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk
mempelajari materi berikutnya.
Pertemuan ke 3 (2 JP)
Pendahuluan
1. Pada awal bagian ini guru memberi apersepsi dengan
mengajukan pertanyaan “Pernahkah kalian memandang langit malam yang dipenuhi bintang-bintang?
Jika matahari adalah bintang terdekat dari Bumi, dimanakah letak
bintang-bintang yang kalian lihat itu? Seberapa jauh jaraknya dari bumi? Berapa
banyak bintang dan planet yang ada di jagad raya ini? Seberapa luas jagad raya
ini?”
2. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan
pembejalaran yang tertera pada kegiatan ‘Apa yang akan dipelajari?’ Guru
menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari
bagian ini yang tertera pada ‘Mengapa hal ini penting?’, yaitu Untuk mengetahui
karakteristik benda langit dan pengaruhnya terhadap
kehidupan di Bumi.
3. Guru menyampaikan kepada siswa, bahwa kegiatan
pembelajaran pada pertemuan hari ini antara lain, membuat model orbit satelit
yang tertera pada bagian ‘Ayo Kita Coba’, mendiskusikan pertanyaan pada bagian ‘Ayo
Kita Selesaikan’, Mencari informasi tentang planet-planet penyusun
tata surya pada bagian ‘Ayo Kita Lakukan’.
Inti
1. Secara berkelompok membuat membuat model orbit
satelit yang tertera pada kolom ‘Ayo Kita Coba’.
Orbit Planet
Apa yang akan kamu coba?
1. Memodelkan orbit planet
2. Menghitung eksentrisitas orbit (elips)
Apa yang harus kamu persiapkan?
1. 2 pushpin
2. Kertas tebal (23 cm x 30 cm)
3. Kertas (21.5 cm x 28 cm)
4. Penggraris 30 cm
5. Tali 25 cm
6. Pensil
Apa yang harus kamu lakukan?
1. Letakkan kertas diatas alas kertas tebal dan
tancapkan kedua push pin dengan jarak 3 cm
2. Bentuk tali menjadi lingkaran dengan berdiameter 15
– 20 cm. Pasangkan tali tersebut pada kedua push pin. Masukkan pensil
kedalam rangkaian alat tersebut seperti pada gambar dibawah ini!
3. Gerakkan pensil melingkari kertas hingga tampak
sketsa elips, usahakan tali tetap dalam kondisi teregang.
4. Ulangi langkah 1, 2, dan 3 hingga 3 kali dengan
variasi dimeter tali. Buat tabel data hasil pengamatan.
5. Orbit planet biasanya dideskripsikan dnegan
menggunakan symbol e untuk eksentrisiti, d untuk jarak antar push pin (foci),
dan l untuk garis tengah elips.
2. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok
menjawab pertanyaan pada ‘Ayo Kita Selesaikan’.
3. Guru menyarankan pada peserta didik untuk
mempelajari buku siswa bagian Karakteristik Tata Surya
4. Guru membimbing peserta didik untuk mencari
informasi tentang planetplanet penyusun tata surya pada bagian ‘Ayo Kita
Lakukan’.
Tantangan! Masih
ingatkah kamu dengan gaya gravitasi? Tidak hanya Bumi yang memiliki gaya
gravitasi, tetapi semua benda langit. Jelaskan peran gravitasi terhadap gerak
planet-planet?
Alternatif Jawaban
Gaya gravitasi adalah gaya tarik ke arah pusat benda.
Salah satu benda langit yang memiliki gaya gravitasi adalah Bumi. Akibat dari
adanya gaya gravitasi ini apabila kita melemparkan benda ke arah atas benda tersebut
akan jatuh ke tanah. Peran gravitasi ini terhadap gerak planetplanet adalah
menyebabkan planet-planet dapat bergerak mengelilingi matahari dengan orbit
yang tetap.
6. Hitung dan rekam data eksentrisity elips yang
kalian buat.
7. Cari tahu eksentrisitas orbit palanet yang
sebenarnya, bandingkan dengan eksentrisitas elips yang kalian buat!
Apa yang dapat kamu simpulkan?
1. Analisis efek yang ditimbulkan saat kalian merubah
diameter tali! “Semakin besar diameter tali, maka akan semakin elips orbit yang
dibuat”.
2. Buat hipotesis tentang apa yang harus dilakukan
pada tali atau letak foci agar besar eksentrisitas elips dapat diturunkan! “Diameter
tali dikecilkan dan Letak foci diperlebar”
3. Deskripsikan bentuk orbit Bumi! Dimana letak
Matahari?
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik
kesimpulan. “Komponen tata surya terdiri dari matahari, Merkurius, Venus, bumi,
Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, komet, asteoroid, satelit, dan
planet-planet kerdil”.
2. Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi
yang berikutnya.
Pertemuan ke 4 (3 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan
“Pernahkah kalian mengamati pergerakan bulan di malam hari? Mengapa wajah bulan
selalu berubah dari hari ke hari? Apakah gerak bulan sama seperti gerak matahari?
Bagaimana pengaruh gerak bulan dan matahari terhadap bumi?”
1. Carilah
informasi sebanyak-banyaknya tentang planet-planet yang ada di
Tata Surya, kemudian isilah tabel dibawah ini!
2. Urutkan planet-planet tersebut dari yang ukurannya
terkecil hingga terbesar!
3. Apa yang menjadikan planet Merkurius, Venus, Bumi
dan Mars sebagai planet dalam, sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus, dan
Neptunus sebagai planet luar?
4. Buat tulisan tentang ekspedisi yang pernah
dilakukan ilmuwan (astronom) untuk meneliti benda-benda langit khususnya
planet!
2. Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan ini ada tiga, yaitu mendiskusikan
gerak planet pada orbit tata surya, membuat model perbandingan jarak komponen
tata surya, mengamati berbagai fase bulan.
Inti
1. Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan
materi gerak planet pada orbit tata surya.
2. Guru membimbing peserta didik untuk membuat model
perbandingan jarak komponen tata surya pada bagian ‘Ayo Kita Lakukan'.
Model Perbandingan Jarak Komponen Tata Surya
Jarak antara matahari dan planet-planet pada sistem
tata surya sangat Jauh. Agar lebih mudah memahami perbandingan jarak antar
komponen tata surya, ayo kita coba mendesain dan membuat model yang dapat
mempresentasikan jarak pada sistem tata surya!
Apa yang kamu lakukan?
Membuat model jarak komponen tata surya dengan skala
yang sebenarnya
Apa yang harus kamu persiapkan?
1. Meter stik (alat ukur panjang)
2. Gunting
3. Pensil
4. Benang
5. Kertas notebook
Apa yang harus kamu lakukan?
1. Menuliskan langkah kerja untuk membuat model
perbandingan jarak komponen tata surya
2. Menuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk
melengkapi model perbandingan jarak komponen tata surya
3. Mendeskripsikan perhitungan jarak yang akan
digunakan sebagai skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata
surya
4. Membuat tabel skala perbandingan model perbandingan
jarak komponen tata surya
5. Menuliskan sebuah deskripsi cara pembuatan model
perbandingan jarak komponen tata surya.
6. Menjelaskan cara kerja model perbandingan jarak
komponen tata surya.
3. Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan
‘Ayo Kita Selesaikan’ mendiskusikan fase Bulan sesuai langkah-langkah yang ada di
buku siswa.
Tabel Hasil Pengamatan Fase Bulan
Fase Terjadi Pada Tanggal Keterangan
Bulan baru (New Moon) Pada fase ini
bulan bersinar paling terang karena seluruh permukaan bulan yang menghadap
Ke bumi mendapat cahaya Matahari.
Bulan Sabit Pertama (Waxing Crescent)
Kuartir Pertama (First Quarter)
Bulan Purnama (Full Moon)
Kuartir Ketiga (Third Quarter)
Uji coba karya
1. Membandingkan skala jarak yang dibuat dengan siswa
lainnya. Mendiskusikan jika terjadi perbedaan skala perbandingan untuk model perbandingan
jarak komponen tata surya.
2. Mengkonsultasikan kepada guru sebelum mulai
merangkai model perbandingan jarak komponen tata surya
Apa yang dapat kamu diskusikan?
Jelaskan cara menentukan skala perbandingan jarak
antar komponen tata surya!
1. Apakah ada kemungkinan skala yang kalian buat itu
salah? Jelaskan!
2. Berapa panjang benang yang kalian butuhkan jika
membuat model perbandingan jarak komponen tata surya model perbandingan jarak komponen
tata surya dengan skala 1 SA = 2 m?
3. Jika jarak bintang terdekat dengan matahari, Proxima
Centauri, sekitar 270 000 SA dari matahari, tentukan letak bintang pada
model perbandingan jarak komponen tata surya!
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik
kesimpulan. “Gerak bulan terhadap bumi mengakibatkan perubahan fase bulan
setiaphari, hal ini yang menjadi dasar penanggalan komariyah atau kalender orang
muslim (tahun hijriyah)”
2. Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi
yang berikutnya.
Pertemuan ke 5 (2 JP)
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dibahas. “Mengapa musim panas
di belahan bumi utara tidak bersamaan dengan musim panas di belahan bumi selatan?
Apa yang dimasud dengan musim? Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi perbedaan musim di berbagi belaham bumi?
Bagaimana dampak perubahan musim bagi kehidupan yang ada di bumi?”
2. Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini ada dua, yaitu mendiskusikan
rotasi, revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya dan mencari informasi
tentang perubahan musim yang terjadi di bumi
bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
Inti
1. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan
materi mendiskusikan rotasi, revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya.
Guru menyarankan kepada peserta didik untuk mempelajari buku siswa pada bagian
Rotasi, Revolusi Bumi dan Peristiwanya.
2. Guru membimbing peserta didik untuk mencari
informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan
bumi bagian selatan (BBS) pada bagian ‘Ayo Kita Selesaikan’.
Bacalah teks Perubahan Musim dan Dampaknya bagi
Kehidupan di Bumi. Selesaiakan tabel di bawah ini
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan.
“Ada beberapa peristiwa yang diakibatkan rotasi dan revolusi bumi diantaranya
yaitu: a) gerak semu harian matahari, b) pergantian siang dan malam, c)
perbedaan waktu berbagai tempat dimuka bumi, d) perbedaan
percepatan gravitasi di permukaan bumi, e)
fotoperiode.”.
2. Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi
yang berikutnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Jenis/teknik penilaian: tes tulis, pengamatan sikap, dan unjuk
kerja
2. Bentuk instrumen dan instrumen: lembar tes tulis berbentuk
essay yang tertera pada buku siswa dan lembar pengamatan untuk sikap dan keterampilan
seperti yang tertera buku guru bagian penilaian.
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian.Pengayaan ( Pemanansan Global)
G. Media/alat, Bahan, dan
Sumber Belajar
1. Media/alat
1.
Media
a.
Gambar-gambar terkait dengan materi
2.
Alat/Bahan
a. Model tata surya
3.
Sumber Belajar
b.
Lingkungan
sekitar
c.
Buku IPA SMP/MTs kelas VIII, Kemdikbud, 2013
d.
Internet
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP
Pancasila Guru
Mapel
itulah postingan RPP IPA Kelas 8 Semester 2 Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan Bumi Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.