Tuesday, March 14, 2017

Download RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Sistem Organisasi Kehidupan (Kurtilas)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                             : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                  : VII/Satu
Materi Pokok                   : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu                 : 3 pertemuan (7 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
KI
Kompetensi Dasar
Indikator

  1.  
1.1.   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1    Menunjukkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa melalui hasil pengamatan sel


  1.  
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.1.1    Melakukan pengamatan/percobaan secara jujur.
2.1.2    Melaporkan hasil pengamatan/ percobaan secara teliti.

  1.  
3.4. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
3.4.1 menjelaskan pengertian sel, bagian-bagian sel dan fungsinya
3.4.2 menjelaskan jenis-jenis sel berdasarkan ada tidaknya membran inti
3.4.3 membedakan sel hewan dan sel tumbuhan
3.4.4 menjelaskan hasil penelitian Robert Hooke tentang sel


  1.  
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan

4.5 membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.4.1 Melakukan pengamatan menggunakan mikroskop untuk mengamati bagian-bagian sel tumbuhan dan hewan

4.5.1 Membuat poster tentang bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan


C.      Tujuan Pembelajaran  
Pertemuan 1
1)      Melalui kegiatan mengamati sel tumbuhan dan hewan peserta didik dapat mengenali dan mengagumi keteraturan makhluk ciptaan Tuhan.
2)      Melalui kegiatan pengamatan sel tumbuhan dan hewan peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan.
3)      Melalui kegiatan membaca peserta didik dapat menjelaskan pengertian sel dan jenis-jenisnya.
4)      Berdasarkan rancangan kegiatan pengamatan sel tumbuhan dan hewan peserta didik dapat membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.
Pertemuan 2
1)      Melalui kerja kelompok dengan menggunakan mikroskop peserta didik dapat melakukan pengamatan sel tumbuhan dan hewan.
2)      Melalui kegiatan presentasi peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil pengamatannya.
3)      Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sel tumbuhan dan hewan.
4)      Melalui kerja kelompok peserta didik dapat membuat poster sel tumbuhan dan sel hewan.
Pertemuan Ketiga
Tugas projek

D.      Materi Pembelajaran 
1.         Pertemuan 1
Sistem organisasi kehidupan
-          Pengertian sel dan jenis – jenis sel
-          Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan
-          Keterampilan proses: pengamatan, inferensi
2.         Pertemuan Kedua
Pengamatan sel mengunakan mikroskop
-          Pengamatan sel tumbuhan
-          Pengamatan sel hewan
3.         Pertemuan Ketiga
Tugas projek

E.       Metode/Pendekatan Pembelajaran
               1.       Pendekatan Saintifik.
               2.       Pembelajaran Berbasis Projek.

F.        Sumber Pembelajaran
1.        Wahono,dkk. 2013. Buku guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP.Jakarta:Kementrian     Pendidikan dan Kebudayaan: hal 98 -109.
2.        Wahono,dkk.2013.Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS kelas VII.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan : hal 83 -92.
G.                                        Media penbembelajaran
1.         Media
a.   Gambar  sel  tumbuhan dan sel hewan
b.  Power poin tentang sel tumbuhan dan sel hewan
2.         Alat/bahan
-          Mikroskop
-          Alat dan bahan untuk projek ( pen, sepidol warna, kertas asturo )

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.         Pertemuan 1 (2 JP)
a.        Pendahuluan(10 menit)
1)        Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)        Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)        Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan power poin tentang sel yang ditampilkan oleh guru, kemudian meminta peserta didik menyampaikan idenya tentang apa yang dilihat.
4)        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.       Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)   Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat melakukan buku siswa) mengenai sel.
2)   Peserta didik mengamati tayangan power poin dan carta sel tumbuhan dan sel hewan.
Menanya:
3)   Berdasarkan hasil pengamatan tayangan dan carta sel setiap peserta didik mengajukan pertanyaan tentang bagian – bagian sel dan fungsinya.
Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi:

4)    Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat melakukan buku siswa) mengenai sel pada buku siswa hal 83.
Mengasosiasi/Menganalisis data atau informasi:
5)   Peserta didik menyimpulkan hasil kajian pustaka.
Mengkomunikasikan:
6)    Mempresentasikan kesimpulkan.
c.         Penutup (10 menit)
1)        Peserta didik dengan dibantu guru melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2)        Guru mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik.
3)        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
4)        Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu:pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan.
5)        Guru memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan    berikutnya.
2.         Pertemuan 2 (3 JP)
a.        Pendahuluan (10 menit)
1)        Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)        Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)        Peserta didik mengamati alat dan bahan ( mikroskop dan preparat yang ditujukan guru).
4)        Peserta didik menyampaikan idenya tentang “Mengapa menggunakan alat itu?”
5)        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.       Kegiatan inti (100 menit)
1)        Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3 – 5 anak.
Mengamati:
2)        Peserta didik melakukan pengamatan terhadap demonstrasi penggunaan mikroskop.
Menanya:
3)        Sel merupakan bagian dari mahkluk hidup, peserta didik diminta bertanya berkaitan dengan sel yang akan diamati. “Mengapa kita harus mengamati sel?”
Mengumpulkan Data atau Informasi:
4)        Peserta didik melakukan prediksi
5)        Melakukan kegiatan  menggunakan mikroskop mengamati preparat sel tumbuhan dan sel hewan.
6)        Peserta didik diminta mengisi table pengamatan sel (halaman 89 Buku Siswa Kemdikbud)
Mengasosiasi/Menganalisis data atau informasi:
7)        Peserta didik melakukan diskusi membandingkan prediksi dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan.diskusi diarahkan pada perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
8)        Peserta didik mengisi table pengamatan perbedaan sel tunbuhan dan sel hewan ( hal 89 Buku Siswa Kemendikbud)
9)        Peserta didik melakukan diskusi diskusi kelompok untuk menyimpulkan bagian – bagian sel, dan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
Mengkomunikasikan:
10)    Peserta didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil.
c.        Penutup (10 menit)
1)        Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2)        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3)        Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: membuat projek berupa poster.
3.         Pertemuan 3 (2 JP)
a.        Pendahuluan (10 menit)
1)        Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)        Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran.
3)        Menerima informasi projek yang harus dibuat yaitu membuat poster sel tumbuhan dan sel hewan
4)        Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
b.       Kegiatan inti (60 menit)
1)        Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3 – 5 anak.
Mengamati:
2)        Peserta didik melakukan pengamatan berkaitan dengan tugas-tugas yang diberikan guru
Menanya:
3)        Peserta didik menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tugas projek yang dibuatnya.
Mengumpulkan Data atau Informasi:
4)        Peserta didik melakukan penyelesaian tugas projek
Mengasosiasi/Menganalisis data atau informasi:
5)        Peserta didik melakukan diskusi kelompok dan melakukan perbaikan mengenai tugas proyeknya.
Mengkomunikasikan:
6)        Peserta didik melakukan presentasi hasil tugas projek dan melakukan refleksi terhadap laporan kelompoknya masing-masing.
c.        Penutup (10 menit)
1)        Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2)        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3)        Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu:jaringan.
I.         Penilaian
1.   Sikap Spiritual
a.      Teknik Penilaian : Observasi
b.     Bentuk Instrumen          : Lembar observasi
c.       Kisi-kisi:
No.
Butir Nilai
(Sikap Spiritual)
Indikator
Jumlah Butir

  1.  
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang sel.
Mengagumi makhluk hidup sebagai ciptaan Tuhan.

1


Lembar observasi
No.
Sikap yang dinilai
skor
1
2
3
1.
Mengagumi  keteraturan kompleksitas ciptaan Tuhan



2.
Mengagumi sel hewan dan sel tumbuhan



3.
Mengagumi perbedaan tiap-tiap bagian sel



Jumlah skor yang diperoleh


Rubrik:
No.
Sikap yang dinilai
Rubrik
1.
Mengagumi  keteraturan kompleksitas ciptaan Tuhan
Tidak Mengagumi  keteraturan kompleksitas ciptaan Tuhan
2.
Mengagumi sel hewan dan sel tumbuhan
Tidak Mengagumi sel hewan dan sel tumbuhan
3.
Mengagumi perbedaan tiap-tiap bagian sel
Tidak Mengagumi perbedaan tiap-tiap bagian sel

2. Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian : Observasi
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar Observadsi
c.       Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Rasa ingin tahu
1
2
Ketelitian
2
3
Tanggung jawab
3

Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3; menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2; menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak perlu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1; tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupuntelah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian
3;hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2;mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,tetapi hati-hati dalam melakukan percobaan
1;mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur, kurang hati-hati
3.
tanggung jawab
3; tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
2; berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1; tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
3. Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian       : Tes Tulis
                                   b.            Bentuk Instrumen     : Uraian
                                   c.            Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir instrumen

  1.  
Pengertian sel
1

  1.  
Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan
1
Soal :
1.      Apakah pengertian sel?
2.      Sebutkan perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan?
Kunci jawaban:
1.      sel adalah unit terkecil penyusun dari makhluk hidup
2.
No.
Pembeda
Sel tumbuhan
Sel hewan
1.
Dinding sel
V
-
2.
Plastida
V
-

4. Keterampilan
                                   a.            Teknik Penilaian       : Tes Praktik
                                   b.            Bentuk Instrumen     : Lembar Observasi



Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mapel



H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -



itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Sistem Organisasi Kehidupan (Kurtilas) semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.