RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VII/Satu
Materi Pokok : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (7 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.1. Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Menunjukkan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa melalui hasil pengamatan sel
|
|
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
|
2.1.1 Melakukan pengamatan/percobaan
secara jujur.
2.1.2 Melaporkan hasil pengamatan/ percobaan
secara teliti.
|
|
3.4. Mendeskripsikan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi
utama penyusun sel
|
3.4.1 menjelaskan pengertian sel, bagian-bagian sel
dan fungsinya
3.4.2 menjelaskan jenis-jenis sel berdasarkan ada
tidaknya membran inti
3.4.3 membedakan sel hewan dan sel tumbuhan
3.4.4 menjelaskan hasil penelitian Robert Hooke
tentang sel
|
|
4.4 Melakukan
pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
4.5
membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
|
4.4.1 Melakukan
pengamatan menggunakan mikroskop untuk mengamati bagian-bagian sel tumbuhan
dan hewan
4.5.1 Membuat poster tentang bagian-bagian sel tumbuhan
dan sel hewan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1) Melalui kegiatan mengamati sel tumbuhan
dan hewan peserta didik dapat mengenali dan mengagumi keteraturan makhluk
ciptaan Tuhan.
2) Melalui kegiatan pengamatan sel tumbuhan
dan hewan peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan.
3) Melalui kegiatan membaca peserta didik
dapat menjelaskan pengertian sel dan jenis-jenisnya.
4) Berdasarkan rancangan kegiatan pengamatan
sel tumbuhan dan hewan peserta didik dapat membedakan sel tumbuhan dan sel
hewan.
Pertemuan 2
1)
Melalui kerja kelompok dengan menggunakan mikroskop
peserta didik dapat melakukan pengamatan sel tumbuhan dan hewan.
2)
Melalui kegiatan presentasi peserta didik dapat
mengkomunikasikan hasil pengamatannya.
3)
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat
menjelaskan perbedaan sel tumbuhan dan hewan.
4)
Melalui kerja kelompok peserta didik dapat membuat
poster sel tumbuhan dan sel hewan.
Pertemuan Ketiga
Tugas
projek
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
Sistem organisasi
kehidupan
-
Pengertian
sel dan jenis – jenis sel
-
Perbedaan
sel tumbuhan dan sel hewan
-
Keterampilan
proses: pengamatan, inferensi
2.
Pertemuan Kedua
Pengamatan
sel mengunakan mikroskop
-
Pengamatan
sel tumbuhan
-
Pengamatan
sel hewan
3.
Pertemuan Ketiga
Tugas projek
E.
Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.
Pendekatan Saintifik.
2.
Pembelajaran
Berbasis Projek.
F. Sumber Pembelajaran
1.
Wahono,dkk. 2013. Buku guru Ilmu Pengetahuan
Alam SMP.Jakarta:Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan: hal 98 -109.
2.
Wahono,dkk.2013.Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTS kelas VII.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan : hal 83 -92.
G.
Media penbembelajaran
1.
Media
a.
Gambar sel
tumbuhan dan sel hewan
b. Power
poin tentang sel tumbuhan dan sel hewan
2.
Alat/bahan
-
Mikroskop
-
Alat dan bahan untuk projek ( pen, sepidol
warna, kertas asturo )
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
(2 JP)
a.
Pendahuluan(10
menit)
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik.
2)
Peserta didik dan guru berdoa untuk
memulai pelajaran.
3)
Peserta didik melakukan pengamatan
terhadap tayangan power poin tentang sel yang ditampilkan oleh guru, kemudian
meminta peserta didik menyampaikan idenya tentang apa yang dilihat.
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam
pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)
Peserta
didik melakukan kajian pustaka (dapat melakukan buku siswa) mengenai sel.
2)
Peserta
didik mengamati tayangan power poin dan carta sel tumbuhan dan sel hewan.
Menanya:
3)
Berdasarkan
hasil pengamatan tayangan dan carta sel setiap peserta didik mengajukan pertanyaan
tentang bagian – bagian sel dan fungsinya.
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi:
4)
Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat
melakukan buku siswa) mengenai sel pada buku siswa hal 83.
Mengasosiasi/Menganalisis
data atau informasi:
5)
Peserta
didik menyimpulkan hasil kajian pustaka.
Mengkomunikasikan:
6)
Mempresentasikan
kesimpulkan.
c.
Penutup (10
menit)
1)
Peserta didik dengan dibantu guru melakukan
refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2)
Guru mendorong peserta didik untuk
selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik.
3)
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik.
4)
Guru menyampaikan informasi materi pada
pertemuan berikutnya, yaitu:pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan.
5)
Guru memberikan tugas untuk menyiapkan
alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan 2
(3 JP)
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik.
2)
Peserta didik dan guru berdoa untuk
memulai pelajaran.
3)
Peserta didik mengamati alat dan bahan (
mikroskop dan preparat yang ditujukan guru).
4)
Peserta didik menyampaikan idenya
tentang “Mengapa menggunakan alat itu?”
5)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b. Kegiatan
inti (100
menit)
1)
Peserta didik membentuk kelompok, dengan
jumlah anggota 3 – 5 anak.
Mengamati:
2)
Peserta didik melakukan pengamatan
terhadap demonstrasi penggunaan mikroskop.
Menanya:
3)
Sel merupakan bagian dari mahkluk hidup,
peserta didik diminta bertanya berkaitan dengan sel yang akan diamati. “Mengapa
kita harus mengamati sel?”
Mengumpulkan Data atau Informasi:
4)
Peserta didik melakukan prediksi
5)
Melakukan kegiatan menggunakan mikroskop mengamati preparat sel
tumbuhan dan sel hewan.
6)
Peserta didik diminta mengisi table
pengamatan sel (halaman 89 Buku Siswa Kemdikbud)
Mengasosiasi/Menganalisis data atau
informasi:
7)
Peserta didik melakukan diskusi membandingkan
prediksi dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan.diskusi diarahkan pada
perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
8)
Peserta didik mengisi table pengamatan
perbedaan sel tunbuhan dan sel hewan ( hal 89 Buku Siswa Kemendikbud)
9)
Peserta didik melakukan diskusi diskusi
kelompok untuk menyimpulkan bagian – bagian sel, dan perbedaan sel tumbuhan dan
sel hewan.
Mengkomunikasikan:
10)
Peserta didik menyusun laporan dan mempresentasikan
hasil.
c.
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang
sudah/belum dikuasai).
2)
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik.
3)
Guru menyampaikan informasi materi pada
pertemuan berikutnya, yaitu: membuat projek berupa poster.
3.
Pertemuan 3
(2 JP)
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik.
2)
Peserta didik berdoa untuk memulai
pelajaran.
3)
Menerima informasi projek yang harus
dibuat yaitu membuat poster sel tumbuhan dan sel hewan
4)
Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru.
b. Kegiatan
inti (60
menit)
1)
Peserta didik membentuk kelompok, dengan
jumlah anggota 3 – 5 anak.
Mengamati:
2)
Peserta didik melakukan pengamatan
berkaitan dengan tugas-tugas yang diberikan guru
Menanya:
3)
Peserta didik menyusun pertanyaan yang
berkaitan dengan tugas projek yang dibuatnya.
Mengumpulkan
Data atau Informasi:
4)
Peserta didik melakukan penyelesaian
tugas projek
Mengasosiasi/Menganalisis
data atau informasi:
5)
Peserta didik melakukan diskusi kelompok
dan melakukan perbaikan mengenai tugas proyeknya.
Mengkomunikasikan:
6)
Peserta didik melakukan presentasi hasil
tugas projek dan melakukan refleksi terhadap laporan kelompoknya masing-masing.
c.
Penutup
(10 menit)
1)
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang
sudah/belum dikuasai).
2)
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik.
3)
Guru menyampaikan informasi materi pada
pertemuan berikutnya, yaitu:jaringan.
I.
Penilaian
1. Sikap Spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Butir Nilai
(Sikap Spiritual)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
sel.
|
Mengagumi makhluk hidup sebagai
ciptaan Tuhan.
|
1
|
Lembar observasi
No.
|
Sikap yang dinilai
|
skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Mengagumi
keteraturan kompleksitas ciptaan Tuhan
|
|||
2.
|
Mengagumi sel hewan dan sel tumbuhan
|
|||
3.
|
Mengagumi perbedaan tiap-tiap bagian sel
|
|||
Jumlah skor yang diperoleh
|
Rubrik:
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Mengagumi
keteraturan kompleksitas ciptaan Tuhan
|
Tidak Mengagumi
keteraturan kompleksitas ciptaan Tuhan
|
2.
|
Mengagumi sel hewan dan sel tumbuhan
|
Tidak Mengagumi sel hewan dan sel tumbuhan
|
3.
|
Mengagumi perbedaan tiap-tiap bagian sel
|
Tidak Mengagumi perbedaan tiap-tiap bagian sel
|
2. Sikap Sosial
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observadsi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
1
|
2
|
Ketelitian
|
2
|
3
|
Tanggung jawab
|
3
|
Rubrik Penilaian
Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan rasa
ingin tahu
|
3; menunjukkan rasa
ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2; menunjukkan rasa
ingin tahu, namun tidak perlu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok ketika disuruh
1; tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupuntelah didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian
|
3;hasil percobaan
sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2;mengamati hasil
percobaan tidak sesuai prosedur,tetapi hati-hati dalam melakukan percobaan
1;mengamati hasil
percobaan tidak sesuai prosedur, kurang hati-hati
|
3.
|
tanggung jawab
|
3; tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat
waktu
2; berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1; tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
3. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
|
Pengertian sel
|
1
|
|
Perbedaan sel tumbuhan dan sel
hewan
|
1
|
Soal :
1.
Apakah pengertian sel?
2.
Sebutkan perbedaan
antara sel tumbuhan dan sel hewan?
Kunci jawaban:
1.
sel adalah unit terkecil penyusun dari makhluk hidup
2.
No.
|
Pembeda
|
Sel tumbuhan
|
Sel hewan
|
1.
|
Dinding sel
|
V
|
-
|
2.
|
Plastida
|
V
|
-
|
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes Praktik
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mapel
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Sistem Organisasi Kehidupan (Kurtilas) semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.